Hill of Crosses, Bukit Salib Lithuania

The Hill of Crosses in Lithuania. Foto: Lucie Debelkova/Caters News/Picture Media.

Bukit Salib, adalah sebuah nama dari tempat ziarah di Lithuania Utara, 12 km sebelah utara kota Siauliai. Sejarah awalnya masih samar, tapi Salib pertama yang ditempatkan diduga berawal setelah perlawanan yang gagal tahun 1831 ketika wilayah terbesar negara tersebut di kuasai oleh kekaisaran Rusia. Sejumlah kebijakan Rusification pun diberlakukan ,diantaranya, larangan terhadap pers, dan penutupan lembaga pendidikan serta kebudayaan.

The Hill of Crosses in Lithuania. Picture: Lucie Debelkova/Caters News/Picture Media

Kisah selama berabad-abad ini menjadi simbol tantangan iman katolik Lithuania yang terus berjuang sepanjang sejarah hingga waktu munculnya Perestroika( reformasi politik dan ekonomi), dan Glasnot( keterbukaan pada isntitusi pemerintahan, termasuk kebebasan Informasi). Ini adalah sebuah gerakan kemerdakaan Anti-Komunis, dimana setelah kemenangan dalam pemilihan tertinggi soviet, anggota gerakan tersebut langsung memproklamasikan Kemerdekaan Lithuania tanggal 11 Maret 1990. Pasukan Soviet sendiri baru menarik pasukannya dari Lithuania pada tanggal 31 agustus 1993.

Dalam balutan Salib, bukit ini semasa perang menjadi tempat berdoa bagi keluarga korban pejuang yang gugur, ketika mereka tidak dapat menemukan Jenazah anggota keluarganya. Ungkapan cinta dan doa, merekapun mulai menancapkan Salib di bukit ini.

Tempat bagi harapan, damai, kasih dan pengorbanan, itulah nama yang di berikan oleh Paus Yohanes Paulus II ketika berkunjung ke Bukit ini tanggal 7 September 1993.

Pada masa sekarang, Bukit Salib, bukit tak bertuan telah menjadi tempat wisata religi atau tempat berziarah. Siapapun bisa menempatkan Salib di bukit. Sebuah Biara Pertapaan Fransiskan berdiri di dekat Bukit, didisain mirip La Verna, tempat dimana St. Fransiskus menerima Stigmata ( dalam bahasa gereja adalah sebuah tanda pada tubuh yang menyerupai luka-luka Yesus ). [Novy-dari berbagai sumber]

(Visited 382 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *