Kubu AL-ARB Hanya Sepakat 209 Calon

Sulutpos.com, Jakarta – Masa pendaftaran calon kepala daerah untuk bisa ikut pada Pilkada serentak, 9 Desember nanti akan ditutup Selasa (28/7) ini. Ada 269 penyelenggaraan pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember nanti.

Terkait pesta demokrasi di tingkat daerah tersebut, dua kubu yang berseteru di Partai Golkar (PG) hanya sepakat 209 nama calon yang sama. Sisanya 60 daerah tidak mendapat kata sepakat. Ke-60 daerah itu akan diserahkan ke kedua kubu yang berseteru. Kedua kubu akan mengajukan nama masing-masing.

“Sampai Senin (27/7) malam pukul 00.30 WIB, kami sudah sepakat 209 calon. Setelah itu ditutup dan tidak ada lagi penerimaan pendaftaran,” kata Ketua DPP bidang Hukum dan HAM dari kubu Agung Laksono (AL), Lawrence T.P. Siburian di Jakarta, Selasa (28/7).

Ia menjelaskan tim penjaringan pilkada dari dua kubu yaitu AL dan kubu Aburizal Bakrie (ARB) harus menutupi seleksi bagi kader untuk memberi waktu pada calon menyiapkan berkas supaya bisa daftar di KPUD. Mereka hanya punya waktu satu hari menyiapkan. Padahal jarak wilayah di daerah-daerah cukup jauh. Ada yang harus lewat laut. Ada yang menggunakan pesawat. Ada yang jalan darat berjam-jam.

“Kalau tidak tutup, mereka akan terlewatkan pada masa waktu pendaftaran. Kami tidak mau terus mengejar yang belum ketemu, sementara batas pendaftaran tinggal satu hari. Maka kami putuskan 60 sisanya, biarkan kubu AL dan ARB memilih calon-calon masing-masing. Nanti kembali ke KPU mana yang bisa diterima dengan calon yang berbeda,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, untuk pelaksanaan Pilkada, kedua kubu yang berseteru melakukan islah terbatas. Mereka sepakat untuk bersama-sama menjaring kader yang diusung pada pilkada. Kedua kubu membentuk tim bersama yang masing-masing kubu terdiri atas lima orang.

Hasil kerja tim tersebut menyepakati, baik kubu AL maupun kub ARB mengusulkan nama sama pada pilkada nanti. Ada 209 yang mengusulkan nama sama. Sisanya 60 daerah mengusulkan nama berbeda.

Aturan KPU menyebutkan pendafatan calon akan diterima bagi parpol yang sedang berkonflik jika mengusulkan nama sama. Ketua dan Sekjen kedua kubu bisa memberikan tandatangan pada nama-nama yang dicalonkan.
Jika tidak mengusulkan nama sama tidak akan diproses. Hari ini batas akhir pendaftaran.[SP/R-14/L-8]

(Visited 36 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *