Satu Keluarga di Pekanbaru Diduga Bergabung ke ISIS

Sulutpos.com, Pekanbaru – Kepolisian Daerah Riau mendeteksi satu keluarga di Panam, Kecamatan Tampan, Pekanbaru telah bergabung dengan kelompok Megara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Mereka saat ini diduga sudah berada di Suriah,” kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo, Sabtu, 4 Juli 2015.

Menurut Guntur, Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Riau mengetahui satu keluarga yang terdiri ayah
inisial TB, ibu inisial YB, dan anak inisial MJ bergabung ISIS setelah polisi mendapatkan informasi dan barang bukti berupa dokumentasi dan foto, serta hasil percakapan antara mereka dengan keluarganya di Pekanbaru.

“Ada hasil percakapan antara YB dengan adik iparnya,” kata Guntur. Namun, polisi belum menyebutkan siapa sosok keluarga mereka itu di Pekanbaru.

Menurut Guntur, TB telah bergabung dengan kelompok garis keras itu sejak 2013 lalu. TB lebih dulu berangkat ke Suriah. Enam bulan kemudian, TB pulang ke Pekanbaru, lalu membawa anak dan istrinya ke Suriah melalui jalur Jakarta-Turki, kemudian menuju perbatasan Suriah di Hatai.

“Di sana, mereka dijemput kelompoknya lewat darat,” kata Guntur. Terkait temuan itu, Polda Riau mengaku telah melakukan pencegahan dan kontrol terhadap warga. Bersama tokoh masyarakat, menurut Guntur, polisi melakukan sosialisasi kepada warga lainnya dengan memberikan pemahaman menolak keberdaan kelompok ISIS.

“ISIS itu tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan kaidah agama,” ujar Guntur.[Tmp/RN]

(Visited 174 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *