KPU Siap Hadapi Gugatan 59 Paslon Yang Tidak Memenuhi Syarat

Sulutpos.com, Jakarta – Ketua KPU Husni Kamil Manik menyatakan bahwa pihaknya siap menghadapi gugatan dari 59 pasangan calon yang tidak memenuhi syarat. Ke-59 paslon ini terdiri dari 22 paslon dukungan parpol dan 37 paslon perseorangan.

“59 pasangan calon yang tidak lolos, mereka memiliki hak untuk mengajukan gugatan melalui ruang-ruang yang telah disediakan sebagaimana diatur UU. Kami sudah siap menghadapi gugatan tersebut,” ujar Husni saat konferensi pers di Ruang Media Center KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (24/8) malam.

Husni mengaku bersyukur jika semua paslon menerima keputusan KPU dan tidak mengajukan gugatan. Namun, jika mengajukan gugatan, KPU, katanya menyiapkan rekan-rekan di daerah untuk mengikuti penyelesaian sengketa.

“Kami telah menyiapkan rekan-rekan di daerah untuk mengikuti penyelesaian sengketa di Panwaslu untuk tingkat Kabupatan dan Kota dan Bawaslu untuk tingkat Provinsi,” tegas Husni.

Terkait alasan tidak diterimanya 59 paslon, menurutnya terjadi karena sejumlah alasan. Alasan yang paling dominan, katanya adalah dukungan parpol yang kurang, ijazah palsu, administrasi kesehatan dari calon, status pajak yang bermasalah dan status bebas bersyarat dari pidana.

“Kami belum merinci secara detail terkait penyebabnya,” tandasnya. [SP/YUS/L-8]

(Visited 65 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *