PT Sanmas Diduga Lakukan Aktivitas Tambang Ilegal di Hutan Lindung


Sulutpos.com, Boltim – Aktivitas pertambangan ilegal yang dilakukan PT Sanmas Mitra Abadi yang beroperasi di Bolaang Mangondow Timur (Boltim), diduga mendapat dukungan pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut). Hal itu, terlihat dari adanya Surat Perintah (Sprin) Kapolda Sulawesi Utara terkait penugasan kepada dua anggota Kepolisian Daerah Sulut, untuk mengawal operasi pertambangan ilegal PT. Rihendy Tri jaya dengan Nomor : Sprin/790/VII/2015/Dit Pam Odvit, tanggal 18 Mei 2015.

Sekedar diketahui, PT Sanmas Mitra Abadi adalah kontraktor pelaksana pertambangan dari PT. Rihendy Tri Jaya, yang beroperasi di Hutan Lindung Desa Bukaka, Kabupaten Bolmong Timur. beberapa waktu lalu masyarakat Desa Buyat Bersatu sudah menyampaikan aktvitas tambang ilegal kepada kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Manado. Warga meminta agar LBH Manado bisa memediasi warga agar perusahaan tersebut ditutup.

Rabu (12/8/2015), saat diwawancarai wartawan, Kapolda Sulut melalui Kabid Humas Polda AKBP, Wilson Damanik menuturkan, untuk sementara Sprin yang dikeluarkan Polda Sulut bisa diasumsikan benar karena setiap warga Negara berhak mendapat perlindungan keamanan.

”Sebagai asumsi sementara, setelah melihat nomor Sprin dan tandatangan, saya membenarkan surat ini. Benar Sprin dikeluarkan karena sudah menjadi hak setiap warga Negara mendapat perlindungan keamanan, namun bila hal tersebut digunakan untuk sesuatu yang melanggar aturan akan ditindaklajuti dan ditindaki,” Ujar Damanik.

Tidak hanya itu, dikatakannya lagi dengan tegas bahwa jika perusahaan tambang yang beroperasi di Boltim dalam hal ini PT Sanmas tersebut illegal maka Polda Sulut pasti akan melakukan penindakan.

”Tentu kami bertindak tegas, namun kami perlu melakukan investigasi terlebih dahulu untuk mengetahui keakuratan informasi tersebut. Jika benar, maka Polda akan tetap komitmen untuk memerangi segala bentuk kegiatan illegal yang beraktifitas di Sulut,” Tutur Damanik.(Tim)

(Visited 156 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *