Tim Monitoring UPSUS kunjungi Lahan Garapan Kodim 1302 Minahasa

Sulutpos.com, Tondano – Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan tingkat nasional. Menteri Pertanian Republik Indonesi mengandeng  Tentara Nasional Indonesia (TNI) melaksanakan kerja sama dalam bidang pertanian.

Seperti yang terpantau wartawan sulutpos pada kamis, 27/08 Tim Monitoring UPSUS sterat tahap 2 melakukan peninjauan di wilayah pertanian Kodim 1302 Minahasa.

Kol inf Jones Naingolan dari  Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pustrat), di dampingi Dandim 1302 Minahasa Letkol CZI Mohammad Andy Kusuma, mendatangi sejumlah tempat pertanian yang di dalamnya terdapat keikut sertaan Pihak TNI dalam pengarapan lahanya.

Kedatangan tim ini di sambut hangat pemerintah kabupaten Minahasa, Jefry Korengkeng,SH,Msi Sekretaris Daerah, dan Asisten Satu sekdakab DR Denny Manggala Msi. Korengkeng dalam sambutanya mengatakan pihak pemerintah sanggat mengapresiasi akan upaya dan kerja keras satuan TNI khususnya kodim 1305 yang tanpa kenal pamri memberi dukunngan serta pendampingan bagi para petani dalam upaya meningkatkan swasembada pangan.

“Kami sangat mengapresiasi akan kinerja dan usana TNI yang selalu mendampingi para petani dalam bercocok tanam, dan kami mengharapkan bantuan yang di berikan oleh pihak TNI ini akan memotifasi para petani yang ada di Minahasa, sehingga peningkatan swasembada pangan khususnya PAJALE, padi, Jagung, Kadele,”Ujar  Korengkeng

Naingolan sendiri di hadapan puluhan petani mengatakan, sesuai Undang-Undang yang ada wajib membantu pemerintah dan masyarakat jika memang di perlukan, seperti dalam bertani,terlebih ketika menopang Program peningkatan Swasembada pangan tingkat nasional.

“Kami akan bekerja sama dengan pemerintah juga para petani yang ada,serta menghimbau para Bawinsa bisa
melaksanakan latihan penyuluhan bagi para petani dengan jalan berkoordinasi dengan dinas terkait.walaupun harus di akui akan di temui berbagai permasalahan, baik pupuk maupun pengairan juga hama,”Kata Naingolan.

Foto : Kerja sama Bidang Pertanian antara Pemerintah, dan TNI.(ODY)
Foto : Kerja sama Bidang Pertanian antara Pemerintah, dan TNI.(ODY)

Dinas pertanian sendiri lewat kadis pertanian Ir Refly Mambu mengatakan bahwa pemerintah kabupaten akan berupaya menyediakan setiap kebutuhan petani mulai dari Pupuk,sampai pada perbaikan irigasi di lahan persawahan.

“jaringan irigasi ini akan di anggarkan tinggal dari kelompok pertanian §aja yang mengusulkan sesuai kebutuhan,”Ungkap Mambu, yang juga begitu optimis jatah sulut 1000 hektar Pajele bisa
tercapai.

Dalam kunjungan tim ini di lakukan di beberapa tempat terpisah, yakni kelurahan Koya kecamatan tondano selatan yang merupakan lokasi penanaman padi di area seluas 10 hektar, desa  Talikuran kecamatan Remboken tempat panen padi perdana, dan desa tolok kecamatan Tompaso, tempat panen jangung [ody waseng]

(Visited 214 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *