Eman Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Sulut

Sulutpos.com, Tomohon – Tahapan baru kembali terukir di Bumi Sulawesi Sulawesi Utara dimana pada hari ini Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo secara resmi melantik Dirjen Otononi Daerah Dr Soni Sumarsono sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Utara menggantikan Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) yang telah mengakhiri sepuluh tahun masa kepemimpinannya di bumi Nyiur Melambai.

Dalam sambutannya Mendagri mengingatkan bahwa pada tanggal 9 Desember 2015 akan dilaksanakan pemilihan Kepada Daerah Secara Langsung maka perlu diangkat Penjabat Gubernur Sulut guna menghindari kekosongan pimpinan daerah dan untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Provinsi Sulut.

Penjabat Gubernur Sulut dilantik berdasarkan Perpres nomor 99/P Tahun 2015 tanggal 16 September 2015 dan hari ini Senin 21/9/2015 Mendagri melantik Penjabat Gubernur atas nama Presiden RI sambil memberikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sarundajang dan Wakil Gubernur Kansil atas jasa jasanya selama menjagi
Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

Kepada Penjabat Gubernur Sulut Kumolo mengatakan ada dua tugas pokok penting untuk dijalankan yakni mengefektifkan penyelenggaraan pemerintah daerah, dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur wakil Gubernur Sulut defintif serta pemilihan Bupati, Wakil Bupati dan Walikota, Wakil Walikota.

Foto: Walikota menyalami mantan Gubernur Sulawesi Utara DR. S H Sarundajang.(Humas)

Dalam mengefektifkan pemerintahan maka penjabat gubernur harus segera membangun komunikasi yang intensif dengan DPRD Provinsi serta seluruh Pimpinan SKPD. Serta membangun komunikasi dan koordinasi dengan seluruh unsur pimpinan daerah (Forkominda), KPU Provinsi dan para bupati walikota se-Sulut. Laksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan dengan berpedoman pada nawacita atau sembilan agenda strategis pemerintah, kabinet kerja yang disesuaikan dengan karakteristik daerah serta prioritas kebutuhan masyarakat kata Mendagri.

Penjabat Gubernur bukanlah pejabat politik sehingga harus mengawasi netralitas ASN, TNI & Polri dalam pelaksanaan pilkada serentak, harus berkoordinasi dengan bupati walikota dalam mewujudkan kehadiran pemerintah negara di tengah masyarakat. Penjabat harus melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja aparat pemprov, selain itu diperlukan langkah-langkah strategis dalam mengawal stabilitas politik dan keamanan di daerah dalam rangka efektifitas penyelenggaraan pemerintah daerah.

Pada kesempatan tersebut Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak turut hadir dan menyaksikan momen bersejarah ini sekaligus memberikan dukungan dan support bagi pejabat Gubernur yang baru untuk melaksanakan tugasnya di Provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota termasuk Kota Sejuk Tomohon yang telah mendunia.

Eman akan mendukung pelaksanaan tugas pemerintahan yang nantinya akan dilaksanakan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Dr Soni Sumarsono yang telah dilantik hari ini. “Tentu melalui dukungan koordinasi dan komunikasi yang efektif dan proporsional dalam membangun Kota Tomohon yang adalah bagian tak terpisahkan dari daerah Sulawesi Utara, Kami atas nama pemerintah Kota Tomohon mengucapkan selamat bertugas di daerah yang masyarakatnya ramah dan murah senyum,” Kata Eman.(Tim Humas)

(Visited 63 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *