Humas Ujung Tombak Pengelolaan Informasi

Sulutpos.com, Tomohon – Era Keterbukaan Informasi Publik yang telah bergulir tentu membutuhkan peran aktiv Pranata Humas yang adalah aparatur Kehumasan yang ada di Jajaran Pemerintahan, organisasi dan lembaga di setiap instansi, baik Pemerintah Pusat, Kementerian, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten & Kota.

Oleh karena itu pelaksanaan koordinasi, komunikasi dan evaluasi yang ber-kesinambungan akan terus memacu semangat dan kreativitas para petugas humas. Sehingga dampaknya terasa dengan semakin majunya pelaksanakan penyebaran informasi tentang kebijakan, program dan kegiatan pemerintah kepada masyarakat.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Ir Siswa R Mokodongan melalui Staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Steven Evans Liouw, S.sos, MM, yang membuka dan memimpin Rapat Koordinasi Kehumasan antar Kabupaten Kota se-Sulawesi Utara bersama instansi vertikal dan TNI Polri, yang diselenggarakan Jumat (18/9) bertempat di ruang Mapaluse kantor Gubernur Sulut.

Peran humas di daerah sangat penting karena telah membuka ruang publik untuk mendapatkan akses informasi bagi masyarakat. Peran humas sebagai komunikator, fasilitator dan desiminator telah berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Disamping itu juga peran humas dengan media juga dapat terselenggara dengan baik, kredibilitas humas semakin mengemuka, memiliki akselarasi kecepatan dalam bekerja khususnya dalam menyampaikan informasi kepada media dan masyarakat, ini dibuktikan dengan semakin banyak pemberitaan terkait kegiatan pemerintah yang dipublikasikan di media dan mendapat tanggapan baik dari masyarakat. Publik berhak mendapatkan akses informasi dari penyelenggara pemerintahan sebagaimana diatur dalam UU No 14 tahun 2008 tentang Kebebasan Memperoleh Informasi Publik.

“Dengan demikian fungsi Humas menjadi sangat strategis karena Humas merupakan ujung tombak pemerintah dalam aktivitas pemberian informasi kepada masyarakat umum,” kata Liow.

Selanjutnya dalam sesi dialog terungkap bahwa salah satu pokok pembahasan dalam Rakor ini yakni usulan dan kesepakatan pembuatan SOP di Bagian Humas sekaligus kesepakatan rutin digelarnya Rakor seperti ini sebagai wadah forum komunikasi dan koordinasi para pejabat yang mengelola informasi publik dari pemerintah.

Dengan pelaksanaan Rakor ini tentu memberikan respon positif guna peningkatan profesionalisme dan pembangunan kapasitas aparatur dibidang kehumasan, terlebih khusus dalam meningkatkan sinergitas bersama.

Dalam rakor tersebut juga para peserta mendapat pemahaman terkait Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2015 tentang pengelolaan komunikasi publik. Sebelumnya Kabag Humas Pemprov Sulut, Roy RL Saroinsong, SH dalam laporannya: menjabarkan tujuan pelaksanaan kegiatan diantaranya, meningkatkan penyampaian informasi secara  optimal dan transparan, peningkatan profesionalisme Humas sebagai ujung tombak pengelolaan informasi, juga tak kalah penting adalah dalam rangka penguatan struktur dan infrastruktur sistem dan prosedur komunikasi organisasi, audit komunikasi serta tata kelola kehumasan yang optimal.

Humas Kota Tomohon dihadiri oleh Kepala Bagian Humas & Protokol FF Lantang SSTP yang diwakili oleh Kasubag Humas Djufry Rorong S Sos yang mengatakan bahwa pelaksanaan rakor ini memberi tambahan wawasan dan pemahaman dalam pelaksanaan Tupoksi Humas sekaligus memberi banyak memberi manfaat dalam menjalin tali silaturahmi antar sesama Aparat Kehumasan, juga menjadi wahana dan sarana berbagi akan dinamika tugas kehumasan, maupun problematika seputar hubungan kemitraan dengan Mass Media maupun sisi harmonisasi komunikasi dengan dunia jurnalis.

Rapat Koordinasi Kehumasan ini turut dibekali materi dan sesi tanya jawab oleh para nara sumber, diantaranya Pejabat Pemprov Sulut, Kabid Humas Polda Sulut, AKBP (Pol) Wilson Damanik, Praktisi Jurnalis, Cesylia Saroinsong.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Kadispen Lantamal VIII, Mayor Budiyanto, Kapten Lanudsri Mayor Zulfahmi SE, Kabag Humas dan Protokol Pemkot Manado Franky Mokodompis SSos, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, Kabag Pemerintahan dan Humas Pemkab Mitra Frangky Wowor SSos, Kasubag Humas Tomohon Djufry Rorong,S Sos dan perutusan Humas SKPD  Kabupaten/Kota.

Press Rilis Humas Pemkot Tomohon

(Visited 248 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *