Kaki Dian

Sulutpos.com, Air Madidi – Salah satu lokasi Wisata Religi yang ada di Minahasa Utara adalah Kaki Dian dengan ketinggian menara mencapai 19 meter. Berberbentuk Kaki Dian dengan 7 cabang lampu di ujung menara yang dilengkapi oleh fasilitas listrik tenaga surya sehingga dapat menyalakan 7 lampu pada ujung menara kaki dian.

Bagian kaki menara berukuran 8 x 8 meter dan berada di atas ketinggian 620 meter dari permukaan laut yang terletak di salah satu bagian perbukitan Gunung Klabat. Objek wisata religius ini pun disebut-sebut sebagai menara Kaki Dian terbesar dan tertinggi di dunia.

Foto: Kaki Dian. ( Novy )

Objek wisata kaki dian dapat ditempuh dengan jarak kira-kira 3 km dari Kota Airmadidi sebagai ibukota Kabupaten Minahasa Utara. Sedangkan dari wilayah manado dibutuhkan kurang lebih 20 menit waktu tempuh untuk tiba di Airmadidi.

Jalan masuk lokasi ini pun cukup menarik untuk disusuri dengan tanjakan berliku – liku hingga mencapai puncak bangunan menara kaki dian terletak.

Beragam pesona alam Bumi Nyiur Melambai dapat dinikmati di atas ketinggian Kaki Dian ini, hingga sederetan pegunungan nan hijau dengan tampilan bentang pesisir di Teluk Manado, Pulau Manado Tua, dan perairan
Taman Nasional Bunaken.

Pemukiman penduduk pun bisa dilihat dari cerah di kawasan ini, mulai dari sekitar Airmadidi, pemukiman warga di
Minahasa Utara dan Minahasa, serta Kota Manado. Adapun areal terbuka dan pendopo pada kompleks Kaki Dian yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kerohanian.[ Frangky Mantiri]

Sumber: minutkab

(Visited 371 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *