Apple Hapus Beberapa Aplikasi karena Masalah Keamanan

Sulutpos.com, Jakarta – Aplikasi-aplikasi tersebut mengancam keamanan pengguna dengan memasang sertifikat yang dapat memaparkan data untuk dipantau oleh pihak-pihak ketiga.

Apple Inc mengatakan Kamis (8/10) akan menghapus “beberapa” aplikasi dari toko daringnya, App Store, mengemukakan kekhawatiran bahwa keamanan beberapa data pribadi pengguna dapat terganggu dalam situasi tertentu.

Perusahaan tersebut mengatakan aplikasi-aplikasi tersebut mengancam keamanan pengguna dengan memasang sertifikat yang dapat memaparkan data untuk dipantau oleh pihak-pihak ketiga. Perusahan itu tidak menyebut secara detil berapa jumlah aplikasi yang bermasalah itu.

“Apple sangat berkomitmen untuk melindungi privasi dan keamanan pelanggan,” menurut juru bicara Apple dalam sebuah pernyataan. “Kami bekerja dekat dengan para pengembang untuk dengan cepat mencabut aplikasi mereka dari App Store, sambil memastikan privasi dan keamanan pelanggan tidak berisiko.”

Aplikasi-aplikasi dengan apa yang disebut sebagai “root certificates” membelokkan data pengguna ke server yang kemudian dapat dianalisa. Hal itu membuka peluang bagi para penyedia jaringan untuk melihat lalu lintas data, membuat para pengguna rentan pelanggaran data.

Diantara aplikasi yang dihapus adalah Been Choice, yang telah menarik perhatian karena kemampuannya untuk memblokir iklan di aplikasi.

Seorang juru bicara Apple mangatakan perusahaan itu akan merilis keterangan dukungan untuk membantu para pengguna menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari alat-alat seluler mereka. [hd/eis]

VOA News

(Visited 246 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *