Banyak Pemerintah Kabupaten/Kota Belum Laporkan Realisasi Dana Desa

Sulutpos.com, Jakarta – Pemerintah telah menyalurkan Dana Desa tahap pertama dan kedua kepada 434 daerah kabupaten/kota. Dari jumlah tersebut, hingga 21 Oktober 2015, baru 207 daerah yang telah melaporkan realisasi Dana Desa tahap pertama kepada Kementerian Keuangan.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo menguraikan, dari 207 daerah yang telah menyampaikan laporannya tersebut, baru 92 daerah yang telah menyalurkan Dana Desa 100 persen.

“Kabupaten/kota yang sudah menyalurkan 100 persen Dana Desa ada 92 daerah, nilainya Rp1,79 triliun,” jelasnya dalam konferensi pers pada Rabu (21/10) di Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Jakarta.

Lebih lanjut ia menguraikan, kabupaten/kota yang telah menyalurkan dana desa sebagian tercatat sebanyak 84 daerah, dengan nilai Rp1,039 triliun. Sementara, yang sama sekali belum menyalurkan dana desa sebanyak 31 daerah kabupaten/kota.

Selain itu, pemerintah juga telah menyalurkan Dana Desa tahap kedua kepada 434 daerah, tetapi baru 35 daerah yang telah menyampaikan laporannya. Dari jumlah tersebut, ada 16 daerah yang telah menyalurkan Dana Desa seluruhnya, dengan nilai Rp318 miliar. Sementara, 18 daerah lainnya telah menyalurkan Dana Desa sebagian, dengan nilai Rp184 miliar.

“Dan kabupaten/kota yang sama sekali belum menyalurkan ada satu,” tambahnya.

Dengan demikian, berdasarkan laporan yang telah diterima Kementerian Keuangan, total Dana Desa tahap satu dan dua yang telah disalurkan oleh pemerintah kabupaten/kota kepada desa sebesar Rp3,3 triliun.

Namun, menurut Dirjen Perimbangan Keuangan, tidak menutup kemungkinan realisasi Dana Desa yang telah diterima oleh desa lebih besar dari jumlah tersebut, mengingat masih banyak pemerintah kabupaten/kota yang belum menyampaikan laporannya.(nv)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 232 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *