Menkeu: Hari Oeang, Momen Bersejarah dan Penuh Semangat Patriotisme

Sulutpos.com, Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaksanakan upacara memperingati Hari Oeang (Uang) yang ke 69. Hari Oeang yang jatuh pada tanggal 30 Oktober merupakan sebuah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, di mana 69 tahun yang lalu untuk pertama kalinya, Pemerintah Indonesia yang berdaulat menerbitkan Oeang Republik Indonesia (ORI).

ORI sendiri mengandung makna yang sangat penting karena tidak hanya sebagai alat pembayaran, tetapi juga merupakan lambang kedaulatan Indonesia. Dalam upacara peringatan Hari Oeang di Kemenkeu, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan bahwa peristiwa beredarnya ORI 69 tahun lalu merupakan momen bersejarah dan penuh patriotisme.

“ini sebuah momen bersejarah dan penuh semangat patriotisme. Sejarah membuktikan bahwa ORI menjadi alat pemersatu bangsa sekaligus lambang kedaulatan negeri zamrud khatulistiwa,” ujar Menkeu saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Oeang ke-69, di Lapangan Upacara Kantor Pusat Kemenkeu, Jakarta, pada Sabtu (31/10).

Pada kesempatan itu pula Menkeu mengimbau kepada semua jajaran Kementerian Keuangan agar dapat menjadi instansi pelopor penggunaan Rupiah dalam setiap transaksi di dalam negeri. Kementerian Keuangan juga diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas untuk menjaga kesinambungan fiskal.

“Penggunaan Rupiah dalam setiap transaksi adalah kunci tercapainya kestabilan Rupiah,” jelas Menkeu.

Upacara peringatan Hari Oeang ke-69 dilakukan pukul 07.30 dan dihadiri oleh pejabat dan pegawai Kantor Pusat Kementerian Keuangan. Adapun tema yang diusung dalam peringatan Hari Oeang 69 adalah Gelorakan Semangat Kerja Guna Percepatan Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan.(rsa)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 293 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *