Stiker Kendaraan PAKAR dan CEP Laris Di Pemkab Minsel Netralitas PNS Mulai Dipertanyakan

Sulutpos.com, Amurang – Stiker “PAKAR (Paruntu-Wongkar)” dan “CEP Lanjutkan” mendominasi sejumlah kendaraan yang menempelkan stiker kontestan Pilkada Minahasa Selatan. Namun ironis, bukan hanya kendaraan warga biasa saja yang memajang stiker berbau kampanye tersebut, melainkan ada beberapa kendaraan yang disinyalir milik PNS, dan justru lalu-lalang dan parkir hampir setiap hari dihalaman kantor Bupati Minsel.

Menurut Henly Tuela salah satu generasi muda Minsel, sebenarnya sebagai PNS yang kini populer dengan sebutan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjaga sikap menghadapi Pilkada.

“Jika memang kendaraan pribadi seorang PNS harus ditempel stiker pasangan calon, maka netralitas PNS tersebut dipertanyakan, dan sudah semestinya mendapat teguran maupun sanksi sesuai aturan yang ada,” ujar Tuela.

Dibagian lain Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minsel Roy Ferdinand Tiwa ketika diwawancara seakan menampik hal tersebut. Karena menurut pantauan pihaknya bahwa selama ini, memang ada kendaraan yang ditempel stiker pasangan calon, namun itu bukan milik PNS. Ataupun bisa saja hanya kebetulan kendaraan dipinjam atau disewa dan bukan milik PNS bersangkutan.

Foto : Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minsel Roy Ferdinand Tiwa

“Dalam menghadapi Pilkada 2015, pihaknya telah beberapa kali menyampaikan edaran Bupati menyangkut netralitas PNS, bahkan sanksi akan diberikan bagi PNS yang melanggarnya sesuai PP 53, mulai dari sanksi ringan sampai pemecatan,” ujar Tiwa sembari menyatakan bahwa pihaknya siap menerima koordinasi pihak Panwaslu Minsel jika ada laporan pelanggaran Pilkada oleh PNS.

Sementara itu pihak Panwaslu Minsel belum berhasil dimintai tanggapan. Ketua Panwaslu Minsel Eva Keintjem ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya Selasa (20/10) sore mengatakan masih sibuk mengikuti rapat.(Andre Dotz)

(Visited 155 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *