Tomohon Kota Wisata

Sulutpos.com, Tomohon – Kota Tomohon saat ini merupakan daerah kunjungan wisata yang sangat menarik, dengan pengembangan ekowisata berbasis lingkungan yang sesuai dengan budaya lokal, pengembangan paket wisata terpadu, pengembangkanpotensi-potensi wisata lokal dan menjadikan Tournament of Flower sebagai ivent internasional yang dilaksanakan setiap tahun.

Bidang kepariwisataan menopang pendapatan asli daerah yang tahun ini keseluruhannya di prediksikan sekitar Rp. 24 miliar dari sebelumnya 10 miliar tahun 2011 yang bersumber dari berbagai bidang.

Dalam APBD Kota Tomohon tahun 2015 senilai Rp.524,7 miliar dengan 25 persen di alokasikan untuk pendidikan, kesehatan dan pariwisata dan program kegiatan lainnya.

“Kini Tomohon telah banyak berbenah baik pembangunan infrastruktur Sarana dan Prasarana, Pemerintahan, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Ekonomi, Pertanian, Lingkungan Hidup, Pariwisata, Kebudayaan dan berbagai program lainnya yang tersebar di 5 kecamatan, menyentuh kebutuhan masyarakat kota yang memiliki 44 kelurahan,” kata Walikota Jimmy F. Eman SE Ak, yang juga tertuang dalam Laporan kinerja Pemerintah Kota Tomohon tahun 2014.

Melalui Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon mencatat kunjungan yang tinggi diantara 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara. Tahun 2014 tercatat kunjungan turis asing  mencapai 14.023 orang, naik berlipat dibandingkan dengan tahun 2011 sebanyak 4087 orang, angka kunjungan wisatawan nusantara naik drastis jadi 132.202 wisatawan tahun 2014 dari 30.576 tahun 2011.

Dengan kondisi seperti ini tentu berkorelasi dengan pergerakan ekonomi dalam berbagai bidang yang bermuara pada laju pertumbuhan ekonomi yang saat ini 6,93 persen dan akan terus meningkat.

Daya tarik wisata Kota Tomohon yang cukup kuat ini menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara dipengaruhi oleh obyek wisata alam dan budaya yang menarik, diantaranaya tersebar di lima kecamatan dengan rincian kecamatan Tomohon Timur memiliki lima obyek wisata alam dan satu obyek wisata budaya, kecamatan Tomohon Selatan memiliki enam obyek wisata alam dan empat obyek wisata budaya, Tomohon Barat memiliki tiga obyek wisata alam dan tiga wisata budaya, Kecamatan Tomohon Tengah memiliki satu buah obyek wisata alam dan Sembilan obyek wisata budaya dan Kecamatan Tomohon Utara memiliki 7 obyek wisata alam dan 13 obyek wisata budaya.

Untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang berkunjung dijamin dengan tersedianya fasilitas hotel dan restoran yang cukup representative dan terus meningkat selam lima tahun terakhir. Dengan jumlah kamar mencapai 400 dan jumlah tempat tidur 442.

Foto: Parade kendaraan hias bunga beberapa waktu lalu di kota Tomohon(Sabtu, 8/8/2015)

Kepariwisataan ini memiliki efek domino bagi kemajuan pembangunan dan pengembangan ekonomi masyarakat yang utamanya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti yang disampaikan Kabag Humas & Protokol FF Lantang SSTP melalui Kasubag Humas Djufry Rorong S Sos.[***]

Sumber : Humas

(Visited 71 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *