1720 Guru Profesional Harus Ikut UKG

Sulutpos.com, Ratahan – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), akan melakukan test Ujian Kompetensi Guru (UKG), bagi 1.720 guru profesional yang tercatat dan akan dilaksanakan mulai Senin (09/11) hingga Jumat (27/11) depan.

Kepala Dikpora Mitra Ir. Dennij Porajow, melalui Kabid PMPTK Sarah Kindangen selaku pelaksana menjelaskan, saat ini sudah masuk pada tahapan uji coba sistem, disetiap tempat uji kompetensi (TUK).

“Ada lima titik TUK di Mitra, yaitu SMK N 1 Ratahan, SMP N 1 Ratahan, SMP N 4 Tombatu, SMA N 1 Tombatu, dan SMK Touluaan. Saat ini sudah dilakukan uji coba sistem di tiap TUK, bagi guru yang akan melakukan test, dipersilahkan usai jam pelajaran Sekolah,” tutur Kindangen.

Dijelaskannya, yang akan ditest dalam UKG adalah kompetensi profesional seorang Guru, dan test pedagogik. “Peserta diberikan waktu 120 menit menyelesaikan soal. Selesai test, peserta langsung dapat mengetahui hasilnya, sebab system ini merupakan online. Dalam sehari, ada sekitar 60 peserta yang akan ditest dalam satu TUK,” Jelas Kabid PMPTK.

Lebih lanjut dikatakan Kindangen, selama guru belum lulus dalam test kali ini, akan diulang lagi tahun berikutnya. Jadi akan ditest sampai lulus UKG. Kalau tidak, bakal tanda merah.

“Yang menjadi kendala saat melakukan UKG, banyak guru yang tidak terlalu paham tentang teknologi. Sehingga peserta menjadi gugup saat test. Sehingga, menjadi saran bagi peserta, untuk belajar sebelum ikut test. Karena melalui UKG ini, akan terlihat guru mana saja yang memang profesional,” Terangnya.[***]

Sumber : Humas 

(Visited 105 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *