Halifaks Olii : Walau ADD dan Dana Desa Berjalan Baik, Sosialisasi Tetap Rutin Dilakukan

Sulutpos.com, Boroko – Dana Desa (DD) adalah bantuan pemerintah pusat yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN ) Tahun Anggaran 2015, yang langsung masuk mulai dari kas daerah dan di transfer ke rekening desa, dengan sasaran membangun infrastruktur, sesuai dengan Undang-undang No.6 tahun 2014 tentang Desa. Ini di katakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bolaang-Mongondow Utara. Drs. Halifaks Olii, Saat ditemui diruang kerjanya. (18/11).

Foto : Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bolaang-Mongondow Utara. Drs.Halifaks Olii.[Vicky]

Menurut Drs. Halifaks Olii, Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sudah 80 persen terserap di 106 desa di Kabupaten Bolaang Monggondow Utara. Sementara, bagi desa yang dananya sudah kucur 40 Persen tahap ke-2 mampu menyelesaikan sisa pekerjaan yang ada dan meningkatkan pembangunan infrastuktur desa sesuai dengan program yang mengacu dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa ( APBdes ) yang di susun oleh desa.

” Diharapkan bagi perangkat desa, dan masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan mampu bertanggung jawab, kesiapan dalam menyelesaikan pekerjaan,” kata Olii.

Dalam hal pelaksanaan pembangunaan di tingkat desa, lanjut Olii, BPMD sudah bekerja keras dengan  melaksanakan sosialisasi dan pelatihan di tiap desa, tentang penggunaan dana desa, serta bekerja sama dengan kepala kantor kecamatan ( Camat ) di masing – masing kecamatan di Bolaang Monggondow Utara dalam hal pengawasannya.

“Untuk tahap pertama, pemanfaatan dana desa sudah sangat baik, muda-mudahan setiap desa yang menerima anggaran taat aturan sehingga penyaluran dana desa tuntas pada tahap ke- 3 nanti,” Tutur Olii.

Ditambahkannya, untuk mengantisipasi waktu yang ada, mengingat tahun anggaran 2015 segera berakhir, maka di harapkan kepada seluruh desa yang sudah menerima dana desa, bisa memaksimalkan waktu untuk menyelesaikan semua program yang ada dengan tepat waktu dan jelas, sebab dapat meningkatkan kemajuan infrastruktur di daerah maupun di desa dan kesejahtraan masyarakat makin meningkat.[Vickypontoh]

(Visited 157 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *