Tomohon Terima Penghargaan Kota Sehat Tahun 2015

Sulutpos.com, Tomohon –  Tomohon Terima Penghargaan KKS 2015 Torehan prestasi kembali di ukir Walikota Jimmy F Eman SE Ak di penghujung tahun 2015 melalui Dinas Kesehatan & Sosial Kota Tomohon.

Foto : Utusan dari Kabupaten Kota yang menerima penghargaan kks 2015, dari kementerian RI

Penghargaan ini diberikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Republik Indonesia yang kali ini menganugerahkan Penghargaan Swasti Saba Wiwerda Kota Sehat Tahun 2015 kepada Kota Tomohon. Penghargaan Kabupaten kota Sehat, Swasti = Sehat Sejahtera, Saba = Kota tempat bermukim.

Foto :  Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR  Drs Arnold Poli SH MAP, bersama TIM Pembina Kota Provinsi, dan beberapa Pejabat Teras Kota Tomohon.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang bertempat di Hotel Bidakara Ruang Birawa Assembly Hall, Jakarta. Diserahkan Langsung Menteri Kesehatan  yang di terima Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR  Drs Arnold Poli SH MAP. Torehan penghargaan ini merupakan prestasi kesekian kalinya yang di raih Pemerintah Kota Tomohon.

 

Foto : Sekot Tomohon DR  Drs Arnold Poli SH MAP(kedua dari kiri), bersama Tim Bagian Humas Kota Tomohon saat meliput Kegiataan tersebut.

Hal ini membuktikan bahwa perhatian Pemerintah Kota Tomohon dalam bidang kesehatan benar-benar telah menyentuh kebutuhan kesehatan masyarakat, yang ditopang oleh sarana prasarana pendukung dalam pelayanan kesehatan, yakni puskemas, yang telah tersedia di setiap kelurahan, bahkan ada beberapa puskesmas sudah bisa menerima pasien yang rawat inap.

Foto : Sekot Tomohon(Tengah)  

” Ditopang Ketersediaan dokter-dokter spesialis di puskesmas dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan peningkatan kualitas jasa pelayanan kesehatan yang lebih baik. Tujuan pemberian penghargaan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan kepada para pelaku pembangunan di bidang kesehatan yang memiliki jasa yang sangat luar biasa/besar terhadap lingkungannya dan untuk meningkatkan peran serta masyarakat baik perorangan maupun institusi/lembaga dan terus berupaya mempertahankan serta meningkatkan keberhasilan pembangunan kesehatan,” Jelas Sekretaris Daerah Kota Tomohon, DR  Drs Arnold Poli SH MAP.

 

Foto : Tropy Swasti Saba Wiwerda.[Google]

Pada kesempatan Pemberian Penghargaan bidang Kesehatan dalam rangka Kesehatan Nasional ke 51 Tahun 2015. Menteri Kesehatan Prof DR.Dr Nila F Djuwita  Moeloek mengatakan Tema pelaksanaan kali ini ”Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri”. Selanjutnya Moeloek mengatakan hari ini kami bersama mendagri akan menyerahkan kepada mereka yang terpilih dalam prestasi di berbagai bidang kesehatan. Juga penyerahan sertifikasi eliminasi malaria kepada Kabupaten dan Kota.

” Keberhasilan program kesehatan mendapatkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat. Penghargaan yang tinggi kepada mereka yang berprestasi menjadi Kota Sehat dengan sekurang-kurangnya lima kriteria, serta mampu memberikan pelayanan publik kepada masyarakat,” Tuturnya.

Moeloek juga mengucapkan banyak selamat dan terima kasih kepada penerima penghargaan baik Provinsi dan kabupaten/Kota.

” Di harapkan bagi provinsi,Kabupaten, Kota yang masih memiliki tantangan dalam eliminasi malaria agar betul-betul mengupayakan yang terbaik bagi tercapainya eliminasi malaria di daerahnya,” Katanya.

Sekot Tomohon saat menerima penghargaan ini mengatakan bahwa pengakuan dalam bentuk penghargaan ini akan terus melecut motivasi seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk terus melakukan Pola Hidup bersih dan Sehat (PHBS) bagi meningkatnya kreasi dan inovasi masyarakat bagi menopang perekonomian dan kesejahteraan umum.

Selanjutnya kriteria yang untuk penghargaan yakni :

Ksatria Bakti Husada (KBH)
Tanda penghargaan ini diberikan kepada masyarakat atas prestasi yang sangat luar biasa dan berjasa besar dalam mendukung keberhasilan pembangunan bidang kesehatan.

Manggala Karya Bakti Husada (MKBH)
Tanda penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah atas dukungannya terhadap keberhasilan satu atau beberapa program kesehatan di wilayah kerjanya.

Mitra Bakti Husada (MBH)
Tanda penghargaan ini diberikan kepada organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah, dan organisasi profesi dalam mendukung keberhasilan pembangunan bidang kesehatan.

Kader Lestari
Tanda penghargaan bidang kesehatan Kader Lestari diberikan kepada kader yang telah mendarmabaktikan dirinya dalam meningkatkan kesehatan dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun, 15 (lima belas) tahun dan 20 (dua puluh) tahun.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat Kerja
Apresiasi ini diberikan kepada kementerian/lembaga yang menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tempat kerja dengan kriteria penilaian adanya kebijakan dan sarana PHBS di tempat kerja.

Kota Tomohon merupakan satu dari tujuh Kabupaten Kota yang juga menerima penghargaan ini yakni; Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Labupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Dalam penyerahan pengrhagaan ini juga dihadiri Menteri PU, Gubernur, Bupati Walikota,Tim Pembina Kota Sehat Provinsi, Kabupaten dan Kota, Kadis Kesehatan Tomohon Dr Isye Liuw, Kepala Bappeda Ir Enos Pontororing,M.Si serta Bagian Humas & Protokol Tomohon yang turut meliput penyerahan penghargaan ini.[Stenlypondaag]

Advetorial

(Visited 158 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *