Verifikasi dan Validasi Data Penerima Program Perlindungan Sosial Di Bolmut Tahun 2015

Sulutpos.com, Boroko – Berdasarkan UU No I3 tahun 2011, tentang penanganan fakir miskin, PP 101 tahun 2012 tentang penerimaan bantuan iuran, Inpres 7 tahun 2014 tentang pelaksanan program simpanan keluarga sejahtra, program Indonesia pintar, dan program Indonesia sehat untuk membangun keluarga produktif ,kementrian sosial bekerja sama dengan pemerintah daerah, Provinsi dan kabupaten/kota. Bertugas melakuakan verifikasi dan velidalisasi data penerima program .(19/11) (surat pemberitahuan ).

Foto : Petugas Verivikasi dan Validasi Data sedang mengumpulkan data masyarakat yang akan di maksukan dalam daftar penerima bantuan.[Vicky]

Sehubungan dengal hal tersebut dalam rangka memperoleh data yang akurat dan up to date serta tepat sasaran. Sebagai penerima program perlindungan sosial,kementrian sosial akan melaksanakan verivikasi dan validasi data penerima program perlindungan sosial di 514 kabupaten kota seluruh Indonesia.

Hal tersebut di sampaikan oleh salah satu panitia tim pelaksana dan Petugas Verivikasi data, Pantris Andi,  di kabupaten Bolaang Mongondow Utara ( Bolmut). Menurut Andi, ini di lakukan atas kerja sama dengan tiga surveyor (perusahan di bidang survei sosial), yang dibagi kedalam tiga wilayah Provinsi Sulawesi Utara, bekerja sama dengan perusahan PT. Multidecon internal.

“Pendataan ini tujuannya untuk mendata kembali masyarakat yang menerima bantuan yang di programkan pemerintah dalam hal ini dari Kementerian Sosial RI (kemensos). Selanjutnya beberapa pertanyaan yang diberikan kepada masyarakat khususnya yang sudah mendapatkan kartu KPS/KKS, KIS/PBIJKN, KIP/BSM, PKH dan penerima raskin/rastra,” Kata Andi.

Masyrakat dituntut untuk memberikan data yang akurat, lanjut Andi, karena ketika pengimputan data ternyata tidak akurat, maka akan mengalami masalah (eror),mengenai NIK ternyata masih banyak yang tidak sesuai dengan data yang ada jadi dicocokan kembali.

“Beberapa kriteria diantaranya, bagi masyarakat khususnya kabupaten bolaang mongondow utara, sebagai bagian dari verivikasi kami menanyakan mengenai rata-rata pengeluaran keluarga per bulan di antaranya, kelompok makan/minum, kelompok sandang, kelompok pendidikan, kelompok perumahan, kelompok kesehatan dan kolompok lainnya,” Jelas Andi.

Beberapa masyrakat yang berhasil di wawancarai, mengatakan mereka sangat antusias terhadap program kemensos ini.

Dengan adanya verifikasi dan validasi data di tiap desa khususnya kabupaten bolaang monggondow utara, ini kata mereka bisa meninjau kembali apakah masyarakat tersebut layak menerima bantuan pemerintah, dan dengan adanya bantuan ini ternyata dapat mengurangi beban biaya kebutuhan hidup mereka.[Vickypontoh]

(Visited 481 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *