Hadapi Lonjakan Penumpang Jelang Natal dan Tahun Baru, Sopir Angkutan Umum Diwarning Tidak Naikan Tarif

Sulutpos.com ,Amurang – Menghadapi lonjakan penumpang jelang natal dan tahun baru, para sopir angkutan umum antar kota maupun antar desa yang beroperasi di Kabupaten Minahasa Selatan (minsel) diwarning untuk tidak menaikan tarif karena akan diperhadapkan dengan sanksi berupa pencabutan izin trayek.

Himbauan ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Minsel Isak Rey melalui sejumlah wartawan Senin 21 Desember 2015 .

Menurutnya, menjelang Natal dan Tahun Baru sering terjadi kepadatan penumpang, khususnya dari desa-desa yang ingin datang ke Amurang. Kondisi seperti ini sering dipergunakan para sopir untuk menaikan tarif secara sepihak yang tentu dampaknya merugikan masyarakat.

Untuk itu, Rey mengingatkan tarif angkutan umum antar desa dan antar kota yang sudah diatur dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Minsel Tahun 2015, berdasarkan masing-masing trayek angkutan.

” Bagi masyarakat pengguna angkutan umum yang merasa diperlakukan tidak adil, seperti membayar jasa angkutan perorangan dengan tarif yang lebih tinggi, kiranya dapat secepatnya melapor pada kami, untuk selanjutnya menindaki para sopir maupun angkutan umum yang dikendarai sopir bersangkutan dengan sanksi tegas, seperti halnya pencabutan izin trayek,” Tegas Rey.

Warga yang menemui adanya sopir berprilaku demikian, lanjunya,diharapkan untuk mencatat plat nomor kendaraan serta wajah sopir tersebut.

Salah satu pengguna angkutan umum, Ronny Assa, warga Sapa menuturkan,  pengawasan memang harus dimantapkan instansi terkait agar para sopir bisa terkontrol, khususnya yang suka menaikan tarif secara sepihak.

” Kalau tentu banyak barang yang akan dibawa, tidak masalah jika membayar tarif angkutan lebih. Tetapi, kalau tidak membawa barang dan tarifnya tetap dinaikan, itu tentu hal yang tidak wajar,” ungkap Assa. (Andre Dotz)

(Visited 132 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *