Ini Dukungan Pemerintah Bagi Sektor Penerbangan

Sulutpos.com, Jakarta – Sektor penerbangan menjadi salah satu fokus dalam Paket Kebijakan Ekonomi Tahap Delapan. Pemerintah memutuskan untuk memberikan insentif dalam bentuk bea masuk 0% untuk 21 pos tarif terkait suku cadang dan komponen perbaikan/pemeliharaan pesawat terbang. Perawatan jadi hal yang amat vital karena berkaitan dengan keselamatan penerbangan.

Dari informasi yang dilansir melalui siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika, saat ini, maskapai dalam negeri dihadapkan pada mahalnya biaya pembelian suku cadang untuk perawatan pesawat.

Hal itu disebabkan karena beberapa produk komponen pesawat terbang belum dapat di produksi oleh industri dalam negeri. Padahal industri jasa pemeliharaan pesawat terbang membutuhkan kecepatan dalam proses impor suku cadang dan komponen untuk dapat memenuhi proses perbaikan/pemeliharaan pesawat terbang.

Dengan semua insentif di atas, pemerintah berharap hal ini dapat memberikan kepastian bagi dunia usaha penerbangan nasional dalam pemeliharaan dan perbaikan pesawat terbang.

Selain itu, kendati masih terkendala masalah sertifikasi, namun pemerintah tetap mendorong dan
mengakselerasi tumbuhnya industri suku cadang dan komponen pesawat terbang di dalam negeri, serta membuka ruang kebijakan bagi hadirnya pengembangan kawasan usaha pemeliharaan pesawat terbang.[as]

Sumber : Kemenkeu
(Visited 120 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *