Pemerintah Telah Cairkan 95,2 Persen Dana Desa

Sulutpos.com, Jakarta – Hingga 16 Desember 2015, pemerintah telah mencairkan dana desa sebesar Rp19,75 triliun, dari total pagu sebesar Rp20,76 triliun. Dengan demikian, total dana desa yang telah disalurkan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) kepada Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) kabupaten/kota telah mencapai 95,2 persen.

Namun demikian, dari jumlah tersebut, belum seluruhnya disalurkan oleh pemerintah kabupaten/kota kepada pemerintah desa. Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Budiarso Teguh Widodo mengungkapkan, dari total 434 kabupaten/kota yang menerima dana desa, baru 370 diantaranya yang telah menyampaikan laporan dana desa tahap pertama. Sementara, 64 daerah lainnya belum menyerahkan laporan.

Dari 370 daerah tersebut, baru 261 kabupaten/kota yang telah menyalurkan seluruhnya kepada pemerintah desa. Total dana desa yang telah disalurkan tersebut sebesar Rp5,7 triliun. Sementara itu, 102 pemerintah kabupaten/kota baru menyalurkan sebagian dana desa kepada pemerintah desa, dan tujuh lainnya sama sekali belum menyalurkannya.

“102 daerah lainnya itu sebagian menyalurkan dana desa dari RKUD ke RKD (Rekening Kas Umum Desa), dengan nilai Rp1,4 triliun, ” ungkapnya di Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Jakarta pada Kamis (17/12).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk dana desa tahap kedua, terdapat 344 kabupaten/kota yang telah menyampaikan laporannya. Sementara, 90 lainnya belum menyampaikan laporan dana desa tahap kedua.

Dari 344 kabupaten/kota yang telah menyerahkan laporan, 181 diantaranya telah menyalurkan dana desa seluruhnya, dengan nilai Rp3,75 triliun. “160 daerah lainnya itu sudah menyalurkan Rp2,5 triliun,” katanya. Selain itu, masih ada tiga daerah yang sama sekali belum menyalurkan dana desa tahap kedua.(nv)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 129 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *