Pemkot Desak PT PGE Seriusi Penanganan Luapan Lumpur Panas

Sulutpos.com, Tomohon – Melihat kondisi luapan lumpur yang terus bertambah, Pemerintah Kota(Pemkot) Tomohon dalam waktu dekat ini akan menyurat ke pihak PT.PGE Lahendong.

Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Tomohon, Drs.Ronny Lumowa Msi, mengatakan bahwa pihak pemkot akan segera menyurat secara resmi kepada pihak PT.PGE untuk secepatnya mengambil langkah cepat, meneliti penyebab pasti munculnya luapan lumpur panas di areal perkebunan warga Tondangow, Tomohon Selatan.

Foto : Salah satu Alat milik PT. Pertamina Geothermal Energy(PGE), yang sedang beraktifitas dilokasi pengeboran dekat Tondangow, Tomohon Selatan.
Foto : Salah satu Alat milik PT. Pertamina Geothermal Energy(PGE), yang sedang beraktifitas dilokasi pengeboran dekat Tondangow, Tomohon Selatan.

” Besok kami akan menyurat ke PT.PGE, terkait penanganan cepat luapan lumpur panas tersebut,“ tegas Lumowa.

Ditambahkan Lumowa, memintakan agar PT.PGE jangan menunggu sampai tanggal 1 Januari 2016, untuk
melakukan penelitian penyebab pasti munculnya luapan lumpur panas disekitar Perkebunan warga. Mengingat titik lumpur panas terus bertambah dari tiga titik awal, bertambah menjadi lima titik luapan yang kian membesar.

Bahkan, lanjut Lumowa, Pemkot Tomohon sudah siap untuk tindakan pengungsian warga sekitar lokasi  semburan jika sewaktu waktu lokasi luapan lumpur panas ini resmi dinyatakan berbahaya atau beracun.

” Jika semburan lumpur ini membahayakan warga sekitar, maka pihak Pemkot akan segera memindahkan warga ke daerah yang aman. Kita tunggu saja hasil penelitian pihak PT.PGE,“ terang Lumowa.

Foto : Salah satu titik Luapan Lumpur Panas.
Foto : Salah satu titik Luapan Lumpur Panas.

Sementara itu dari Pantauan di lokasi, selain tiga titik luapan lumpur panas yang keluar di areal perkebunan warga. Ironisnya dua titik baru luapan lumpur panas juga terlihat muncul di dalam wilayah operasi panas bumi kluster 24.[Stenly pondaag]

(Visited 170 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *