Presiden Harapkan Kerja Sama Semua Pihak Untuk Perbaikan Ekonomi

Sulutpos.com, Jakarta – Tahun depan, Presiden Joko Widodo menegaskan untuk semua pihak agar dapat bekerja dengan fokus untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi, mengendalikan inflasi, menurunkan kemiskinan, dan perbaikan kesenjangan kesejahteraan.

“Dan itu merupakan tolok ukur bagi, katakanlah penyusunan kebijakan-kebijakan atau paket kebijakan dalam rangka deregulasi,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, seperti dilansir melalui laman Sekretariat Kabinet.

Menurutnya, Presiden berpesan untuk segera dapat melaksanakan belanja barang dan belanja modal mulai awal Januari. Dengan ini, dampaknya dapat terasa optimal terhadap perekonomian. Sementara itu, bagi setiap Kementerian/Lembaga, ia menyampaikan bahwa pesan Presiden adalah agar anggaran masing-masing dapat digunakan dengan cermat sehingga tidak ada pos-pos yang rancu.

Selain itu, Darmin menyebut bahwa khusus dana desa, Presiden mengingatkan ke depan perlu ada keterbukaan di setiap desa, bahkan di tingkat pemerintah pusat maupun daerah.

“Perlu menjelaskan kepada masyarakat desa A itu dapat dana berapa. Sehingga masyarakat ikut mengawasi bagaimana dana itu digunakan dan untuk apa diarahkan oleh perangkat desanya,” jelasnya.

Terkait deregulasi, Presiden juga mengingatkan masih banyaknya peraturan perizinan yang harus diselesaikan dan disederhanakan.

“Presiden meminta  kita pada tahun depan itu sudah harus menyentuh peraturan atau perizinan di pemerintah daerah, seperti izin lokasi, undang-undang, IMB, dan sebagainya,” kata Darmin.

Menurutnya, secara konkret Presiden menginginkan perbaikan sehingga Indonesia dapat memiliki ranking yang lebih baik jika dibandingkan negara lain.[as]

Sumber : Kemenkeu

(Visited 149 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *