Indonesia Dorong Good Governance AARG

Sulutpos.com, Bali – Dengan telah berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai tahun 2015, negara-negara ASEAN saat ini mulai melakukan implementasinya secara bertahap. Implementasi MEA diharapkan mampu membangun pasar regional yang terintegrasi, termasuk di bidang pasar modal.

Dalam proses menuju pasar modal yang terintegrasi inilah, ASEAN Audit Regulators Group (AARG) memegang peranan penting dalam mengatur pengawasan audit yang efektif di antara negara-negara anggota ASEAN.

“Dengan demikian, dapat tercipta kualitas laporan keuangan yang tinggi, kualitas audit yang baik dan pasar modal yang kuat,” demikian dikatakan Sekretaris Jenderal Hadiyanto dalam The 4th ASEAN Audit Regulators Group (AARG) meeting and inspection workshop di Bali, Rabu (20/1).

Agar dapat mencapai tujuan tersebut, lanjutnya, AARG harus bekerja sama untuk menjadi provider dalam hal best practices terkait regulasi dan inspeksi audit. Selain itu, AARG juga harus mampu menjadi supporter dan membantu negara-negara ASEAN lainnya untuk membangun pengawasan audit yang independen.

Lebih lanjut ia berharap, ke depan semua negara anggota ASEAN dapat bergabung dalam AARG, sehingga dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi kemajuan kawasan ini. Sebagai informasi, anggota AARG saat ini terdiri atas empat negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

“Selain empat negara tersebut, masih ada tujuh negara lainnya di kawasan ini (ASEAN) yang belum menjadi anggota AARG,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap agar ke depan, AARG dapat meningkatkan tata kelolanya, misalnya dengan dibentuknya piagam AARG, dewan AARG, dan sekretariat AARG.

“Good governance AARG ini bisa menciptakan kerja sama yang lebih baik di antara para anggotanya, dan ini akan menghasilkan kualitas audit yang lebih tinggi lagi di kawasan ini (ASEAN),” jelasnya.(nv)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 223 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *