Monitor Melalui Server BMKG, BPBD Minsel Buka POS Komando Siaga Darurat Bencana Longsor dan Banjir

Sulutpos.com,  Amurang –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Selatan membuka Pos Komando Siaga Darurat Bencana Tanah Longsor dan Banjir yang dipusatkan di Kantor BPBD di Kompleks Kantor Bupati.

Foto : Pos Komando Siaga Darurat Bencana Tanah Longsor dan Banjir yang dipusatkan di Kantor BPBD di Kompleks Kantor Bupati.

Sekretaris BPBD Minsel Herry Runtuwene ketika diwawancara mengatakan, bahwa kini pihaknya telah dilengkapi dengan Komputer yang tersambung dengan jaringan internet atau server BMKG.

Foto : Sekretaris BPBD Minsel, Herry Runtuwene,  memperlihatkan sebuah komputer, dimana jaringan  internetnya sudah tersambung dengan server BMKG.

“Melalui alat ini, cuaca maupun potensi bencana bisa terdeteksi. Namun demikian, kami berharap koordinasi dari pemerintah kecamatan dan desa/kelurahan jika adanya bencana tanah longsor dan banjir diwilayah mereka, sebagaimana telah ada himbauan-himbauan sebelumnya,” Kata Runtuwene.

Runtuwene menjelaskan, bahwa bencana tidak diminta, namun bias terjadi sewaktu-waktu. Untuk itu dihimbau agar warga yang bermukim di daerah rawan bencana untuk senantiasa waspada, menyusul intensitas hujan mulai meningkat diakhir bulan Januari hingga Februari mendatang.

” Dalam penanganan bencana, kami tetap berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, seperti Dinas PU maupun Dinas Sosial,” tutup Runtuwene. (Andre Dotz)

(Visited 161 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *