Semburan Abu Vulkanik Gunung Soputan Lumpuhkan Aktivitas Warga di Beberapa Kecamatan

Sulutpos.com, Langowan – Kembali Gunung Soputan mengeluarkan semburan abu vulkanik. Hal tersebut terlihat dari pantauan wartawan Sulutpos. Com, pada selasa (5/1/2016). Sejumlah kecamatan yakni Langowan Raya, Tompaso, Kakas, Kakas Barat, serta Kawangkoan yang terparah akibat erupsi Gunung Soputan ini, karena  mengalami hujan abu yang sangat tebal.

Foto : Sampai dengan tadi sore, Gunung Soputan masih terus menunjukan aktivitasnya. Terlihat semburan debu vulkanik membungbung tinggi diatas langit.[Noldi Kaeng]

Letusan Gunung Soputan sejak tadi malam (4/1/2016), melumpuhkan aktivitas warga yang ada, dan inipun membuat Rumah Sakit Daerah Noongan dengan Spontanya mengambil langka pencegahan bagi masyarakat jangan sampai mengalami berbagai penyakit dari dampak letusan ini.

Foto : Jalan utama yang menuju ke Minahasa Tenggara ( Mitra ) dari arah Manado, tepatnya di desa Noongan Kabupaten Minahasa, terlihat tertutup abu vulkanik Gunung Soputan setebal 2 – 3cm.[Noldi Kaeng]

Ribuan Masker di bagikan secara gratis oleh Pihak Rumah sakit yang berposko di desa Noongan kecamatan langowan barat, kepada warga yang melintasi area ini, baik pejalan kaki, sampai dengan penguna sepeda motor.

Foto : Pegawai RS Noongan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Minahasa, sedang membagikan masker gratis kepada masyarakat dan para pengguna jalan yang melintas.[Noldi Kaeng]

Hal tersebut di katakan Direktur Rumah Sakit, Dr Vally Ratulangi, Mkes, saatdi wawancarai wartawan sulutpos.com. Menurut Ratulangi pihaknya saat ini telah menyediakan 4 ribu masker kepada masyarakat yang melintas, serta di buat posko yang berlokasi di area Rumah sakit Noongan.

” Pihak kami menghimbau kiranya masyarakat jangan keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak, .namun jika pun harus keluar rumah, kiranya mengunakan masker sebagai pengaman bagi kesehatan,” ujarnya.

Hal senadapun di utarakan pemerintah kecamatan Langowan Barat, Rudy Mewoh, di mana pihaknya telah melaporkan ke Bupati Minahasa terkait Musibah ini, ” yang kami harapkan kiranya warga tetap waspada, dan jika tidak ada urusan penting agar tidak keluar rumah,” ujar Mewoh.

Pemerintah kabupaten  lewat BPBD, saat ini telah juga menyediakan 1500 masker, serta Obat-obatan, dan merencanakan membangun tenda di seputaran rumah sakit Noongan.[NoldiOdyK]

(Visited 295 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *