G20 Sepakat Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Investasi Infrastruktur

Sulutpos.com, Shanghai – Para menteri negara-negara anggota G20 sepakat untuk melanjutkan dan meningkatkan agenda investasi infrastruktur yang lebih fokus kepada aspek kualitas dan kuantitas. Hal ini terungkap dalam pertemuan para menteri negara-negara anggota G20 pada 26-27 Februari 2016 di Shanghai, Tiongkok.

Terkait hal tersebut, para menteri G20 menegaskan pentingnya melakukan langkah lebih lanjut terkait optimalisasi neraca keuangan Multi Development Banks (MDBs). Selain itu, G20 juga melihat pentingnya optimalisasi tersebut dilakukan melalui joint actions untuk memperoleh proyek berkualitas tinggi, dalam rangka memberikan daya tarik bagi keterlibatan pembiayaan investasi jangka panjang.

Dalam pembahasan terkait isu ini, Indonesia menyampaikan pandangan mengenai pentingya G20 terus mendukung agenda investasi infrastruktur sebagai prioritas utama. Hal tersebut khususnya ditekankan pada upaya untuk membangun kerja sama yang lebih erat melalui sebuah aliansi konektivitas infrastruktur global (global infrastructure connectivity alliance initiative).

Selain itu, Indonesia juga mengusulkan agar G20 dapat terus membantu kesiapan negara-negara berkembang untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mempersiapkan proyek-proyek yang dapat dibiayai oleh bank (bankable projects).(nv)

Sumber : kemenkeu

(Visited 135 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *