JCR Berikan Peringkat Layak Investasi ke Indonesia

Sulutpos.com, Jakarta – Lembaga pemeringkat Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi (investment grade) pada Senin (01/02). Sebelumnya, JCR telah melakukan afirmasi atas Sovereign Credit Rating Indonesia pada BBB-/stable outlook pada 22 Oktober 2014.

Dari keterangan pers JCR, ada beberapa alasan penetapan peringkat ini antara lain cerminan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang solid dimana didukung oleh konsumsi domestik, defisit yang terkendali serta pengelolaan utang yang baik, sektor perbankan yang relatif sehat, dan ketahanan terhadap guncangan eksternal.

Pemerintah dan otoritas telah merespon berbagai tantangan ini dengan kebijakan-kebijakan fiskal dan moneter, misalnya berbagai paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan sejak September tahun lalu. Selain itu cadangan devisa juga masih berada diatas USD100 miliar, dan sektor perbankan masih aman meskipun ada depresiasi nilai tukar dan perlambatan ekonomi.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo menyatakan bahwa afirmasi ini menjadi penegasan ketahanan ekonomi Indonesia, dalam menghadapi perlambatan ekonomi dan volatilitas pasar keuangan global.

“Di saat beberapa negara menghadapi penurunan peringkat, Indonesia justru mampu mempertahankan peringkat layak investasi. Hal ini menunjukkan Indonesia melakukan kebijakan yang tepat dan konsisten untuk menjaga stabilitas sekaligus mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan struktur yang lebih sehat,” katanya seperti dikutip melalui laman Bank Indonesia. (as)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 153 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *