Menkeu Saksikan Tiga Rangkaian Perjanjian Proyek Palapa Ring Barat

Sulutpos.com, Jakarta – Dalam Peraturan Presiden nomor 3 tahun 2013, Palapa Ring menjadi salah satu proyek yang masuk ke dalam Proyek Infrastruktur Strategis Nasional, dan dikategorikan sebagai Proyek Prioritas Nasional. Pada hari ini, Senin (29/02), Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menyaksikan tiga rangkaian penandatanganan perjanjian kerjasama proyek Palapa Ring.

Perjanjian pertama adalah antara Menteri Komunikasi dan Informatika selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dengan PT Palapa Ring Barat (Konsorsium Moratel-Ketrosden Triasmitras) dengan nilai Rp1,28 triliun. Kedua adalah perjanjian penjaminan proyek PT Palapa Ring Barat dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia untuk penyediaan penjaminan pemerintah. Ketiga, perjanjian regres antra PT PII dengan Kementerian Kominfo, selaku PJPK.

Menkeu dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara penandatangan perjanjian ini menjadi sebuah acara monumental, dimana sebagai wujud terlaksanakan proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). “Istilahnya pecah telor. Dulu dikenal dengan Kerjasama Pemerintah Swasta. Sekarang istilahnya Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha,” jelas Menkeu saat acara yang berlangsung di Aula Djuanda, Kementerian Keuangan, Jakarta.

Proyek Palapa Ring adalah proyek KPBU pertama dalam sektor telekomunikasi dengan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment. Di kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan bahwa dari kerjasama ini, pemerintah berharap koneksi broadband dapat mencapai Papua pada 2019.

“Kita kerjasama dengan Menteri Pekerjaan Umum, di 2018 semua kabupaten di Papua harus sudah terhubung. Ini kesempatan, jadi saat Menteri PU bangun jalan, sebelahnya kita bangun ducting untuk inland fiber optic. Target kita tahun 2019 semua ibukota kabupaten dan kotamadya sudah terhubung dengan broadband,” tegas Rudiantara. (as)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 222 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *