Partisipasi Kemenkeu dalam Festival Iklim

Sulutpos.com, Jakarta – Dalam rangka tindak lanjut komitmen Indonesia pada Conference of the Parties (COP) 21 di Paris akhir tahun lalu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH) menggelar Festival Iklim dengan tema “Di Bawah 2°C Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Generasi Mendatang”.

Dalam partisipasinya, Kementerian Keuangan memberikan penjelasan yang komprehensif tentang green financing serta menyampaikan berbagai kajian yang telah dilakukan oleh Kemenkeu terkait green financing.

Kemenkeu memiliki otoritas untuk mengeluarkan no objection letter bagi entitas nasional yang ingin mengajukan pembiayaan ke lembaga internasional, dengan mengusung tema Green Financing to Create Sustainable Environment.

Di kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga menekankan pentingnya menata ulang prioritas isu lingkungan yang ada. Hal ini dimaksudkan agar isu tersebut dapat juga mendukung Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi.

Sebagai informasi, COP 21 Paris merupakan pertemuan yang diikuti oleh 200 negara maju dan berkembang yang menghasilkan Kesepakatan Paris untuk mengurangi bahkan menghentikan emisi karbon secepat mungkin. Para ahli mengatakan, jika laju kenaikan suhu bumi melebihi batas 2 derajat, maka perubahan iklim akan sulit dibendung dan menimbulkan bencana skala besar. Pemerintah Indonesia sendiri telah berkomitmen untuk menurunkan emisi karbon sebesar 29% pada tahun 2030 mendatang. (as)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 270 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *