Potensi Besar Indonesia di Ekonomi Digital

Sulutpos.com, Jakarta – Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang ekonomi digital. Menurut Presiden Joko Widodo, potensi ini harus dapat dimanfaatkan untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta harus dapat mempersempit gap pembangunan.

Sebagai informasi, transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia pada tahun 2013 tercatat mencapai 8 miliar dolar AS, dan meningkat cukup signifikan pada tahun 2014, yang mencapai 12 miliar dolar AS. Bahkan, transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun ini diprediksi akan menembus 24,6 miliar dolar AS.

Prediksi tersebut didasarkan pada aset-aset Indonesia yang dapat digunakan untuk mendongkrak industri digital. Beberapa diantaranya yaitu jumlah kelas menengah yang terus meningkat; akses yang lebih besar terhadap teknologi, termasuk smartphones serta populasi pemuda yang sangat progresif. Selain itu, ratusan start-up tumbuh dan terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Terlebih, Indonesia juga telah meluncurkan Roadmap E-commerce Nasional dengan nilai 130 miliar dolar AS, serta menciptakan seribu technopreneurs dengan nilai bisnis mencapai 10 miliar dolar AS pada tahun 2020. Hal ini merupakan langkah besar untuk mendorong inovasi teknologi yang bermanfaat bagi rakyat.

Sebagaimana dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet, dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi Amerika Serikat-ASEAN di California, AS pada Senin (15/2) waktu setempat, Presiden menegaskan bahwa teknologi harus dapat memberdayakan UMKM dan mempersempit gap pembangunan. Ia menambahkan, teknologi harus bermanfaat bagi rakyat.(nv)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 63 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *