Tahun 2017, Penyaluran Dana Desa 2 Kali dalam Setahun

Sulutpos.com, Jakarta – Di tahun 2017, mekanisme dana desa akan mengalami perubahan yang cukup signifikan yaitu dari 3 kali penyaluran dalam setahun menjadi 2 kali. Menurut Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Kementerian Keuangan saat ini tengah menggodok Peraturan Menteri Keuangan terkait hal tersebut. “Kita kan sedang mempersiapkan PMK dari 3 kali, 40-40-20 (persen) menjadi 2 kali yaitu 60, 40 (persen), dengan periode yang lebih baik Maret – Agustus,” jelas Wamen selepas Rapat Kerja dengan DPD RI, pekan lalu.

Ke depannya, kerja sama dengan Dewan Perwakilan Daerah akan dimaksimalkan, dimana para anggota DPD menjadi media penyampai kebijakan pemerintah pusat ke pemerintah daerah. “Kebijakan yang akan datang kita sampaikan senator-senator yang di daerah agar disampaikan ke daerah. Nanti bisa dari daerah sampaikan usulan ke kita, rekomendasi dan sebagainya, akan kita follow up. Sehingga kita bukan hanya riset, tapi real case di daerah jadi policy kita,” papar Mardiasmo.

Ia juga menggarisbawahi bahwa input daerah sangat penting bagi pemerintah pusat, agar kebijakan Dana Transfer Daerah dan Dana Desa dapat lebih tajam dan terarah. “Keinginan kita bersama untuk bisa meningkatkan dan menguatkan kapasitas fiskal daerah, sekaligus bagian dari memerangi disparitas. Tantangan kita semua selama ini kan bagaimana membangun yang lebih bagus dan berkualitas, juga mengurangi gap antara yang kaya dan miskin,” tegasnya. (as)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 238 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *