Tiongkok Menjadi Eksportir Senjata Ke-3 Terbesar di Dunia

Sulutpos.com, Beijing – Tiongkok sekarang adalah eksportir senjata nomor 3 di dunia di belakang Amerika, dan Rusia. Ekspor senjata utama Tiongkok bertumbuh 88 persen antara tahun 2011 dan 2015, menurut  Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI).

Sebuah kelompok penelitian mengatakan ekspor senjata Tiongkok telah hampir melipat-dua dalam 5 tahun ini sementara negara itu sedang menjadi pemain utama dalam industri senjata sedunia.

Ekspor senjata utama Tiongkok bertumbuh 88 persen antara tahun 2011 dan 2015, menurut  Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI).

Siemon Wezeman, seorang peneliti teras institut itu mengatakan, “Tiongkok dengan giat berusaha meningkatkan ekspor.  Banyak dari senjata yang diekspor itu menuju negara-negara dimana Tiongkok sudah lama mempunyai hubungan, jadi ada juga kepentingan strategi bagi Tiongkok untuk memasok senjata. Pakistan, sebagai contoh, Bangladesh, dan Myanmar.”

Tiongkok sekarang adalah eksportir senjata nomor 3 di dunia di belakang Amerika, dan Rusia, dan ekspor senjata negara itu 6 persen antara tahun 2011 dan 2015.  [gp]

VOA News

(Visited 340 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *