Ingin Masuk Minsel, Investor Jangan Abaikan Kelestarian Lingkungan

Sulutpos.com, Amurang – Para investor yang ingin berinvestasi di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) kembali diingatkan untuk mengutamakan kelestarian lingkungan. Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Minahasa Selatan, Franky Wongkar,SH, menanggapi salah satu perusahan yang ingin beroperasi di Minsel namun seakan mengabaikan masalah lingkungan.

Wongkar mengungkapkan, bahwa belum lama ini ada pemilik perusahan yang datang bertemu diruang kerjanya, untuk meminta persetujuan beroperasinya perusahan bersangkutan dikompleks Kapal Genset MVPP Zaynep Sultan di desa Tawaang. Namun disayangkan, dari pertemuan tersebut, terkesan sang investor hanya ingin mencari keuntungan sendiri, tanpa menunjukkan izin maupun kajian usahanya terhadap dampak lingkungan.

Bahkan Wongkar menyesalkan pernyataan sang investor yang seakan mengancam. Menurut investor tersebut, jika perusahannya tidak jadi beroperasi untuk usaha pengelolaan limbah dilokasi tersebut, maka Sulut masih akan dilanda pemadaman listrik.

“Pada dasarnya Pemkab Minsel tidak mempersulit apalagi melarang masuknya investor, hanya saja harus mengikuti aturan dan masalah lingkungan harus menjadi prioritas diperhatikan,” tegas Wongkar.

Wongkar menambahkan, bahwa pihaknya tidak menginginkan pengusaha menikmati keuntungan, “Dampaknya, justru pemerintah dan masyarakat, terlebih generasi penerus akan menanggung kerugiannya di masa mendatang,”tutur Wongkar.

Menurut informasi, pengusaha tersebut akan mengadakan usahanya untuk mendaur ulang solar dari kapal genset asal Turki yakni kapal MVPP Zaynep Sultan. Namun hingga kini kejelasannya belum ada informasi resmi dari pihak perusahan bersangkutan. (Andre Dotz)

(Visited 472 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *