SULUT Masuk Peringkat 5 Nasional Pengguna Narkoba

Sulutpos.com, Tondano – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Utara, meyambut baik diadakanya Pencanangan Kampung Bebas Miras yang di Gelar Kepolisian Resort Minahasa, bersama Pemerintah Kabupaten di bawah Pimpinan Drs Janjte Wowiling Sajow Msi, dan Ivan Sarundajang.

Apresiasi tersebut di katakan Kepala  BNN Sulawesi Utara, Komisaris Besar Sumirat Dwiyatno, kepada Wartawan Sulutpos.com, usai Pencanangan Kampung Bebas Miras, pada Jumat (04/03), di Kelurahan Talikuran, kecamatan Kawangkoan Utara.

Menurut Dwiyatno, Pihak BNN  sangat mendukung kegiatan yang di lakukan ini, karena menurutnya dengan dicanangkan Gerakan Kampung Bebas Miras akan mengurangi dampak pengguna Narkotika yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

“Jika di diamkan terus, para pengkonsumsi Narkotika atau Narkoba jenis lain bisa berkembang, terlebih lagi saat ini SULUT termasuk dalam  rengking Lima (5) Nasional untuk penyalahgunaan dan pengguna Narkoba di Seluruh Indonesia, dengan Privalensi 2,43 persen jumlah Penduduk atau sekitar 42 ribu Penduduk Sulawesi Utara pecandu atau penyalahgunaan Narkoba dan sudah sangat memprihatinkan,” ungkap Sumirat.

Lebih lanjut di katakanya Gerakan Kampung Bebas Miras ini merupakan langka awal menuju Sulawesi Utara Bebas Narkoba, atau Narkotika.

“Dengan menangkal lebih berkembangnya pengguna dan penyalahgunaan barang haram ini, Pihak BBN sendiri terus melakukan Sosialisasi di berbagai tempat, seperti Sekolah, Universitas, Lapas,,dan tempat keramaian lainya,,walaupun di akui saat ini belum ada tempat Rehabilitasi rawat inap bagi para Pecandu bahan Narkotika dan masih menumpang di Rumah Sakit Bhayangkara,” tutur Sumirat.

Di tahun 2015, lanjutnya, sudah di Rehabilitasi sebanyak 754 orang pecandu Narkoba, namun kami akan berupaya membangun tempatnya yang rencana akan di resmikan pada bulan April atau Mei mendatang, sehingga para pengguna bahkan Pengedar tidak lagi di bawa ke Makasar, atau Samarinda Kalimantan Timur.

Di kesempatan itupun Sumirat memintah Pemerintah Sulawesi Utara untuk bisa membangun lebih banyak lagi Tempat – tempat Rehabilitasi sehingga bisa menekan angka Pengguna Narkoba,dan Narkotika jenis lainya.(Ody Waseng)

(Visited 2.465 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *