Dekab Harapkan Pemkab Minsel Tindak Lanjut Rekomendasi LKPJ Tahun Anggaran 2015

Sulutpos.com, Amurang – Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Dalam Rangka Penyampaian Rekomendasi Atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2015 Kepada Bupati Minsel, yang dilaksanakan Senin (25/4), diharapkan hasilnya dapat ditindaklanjuti pihak Pemkab Minsel.

Bupati Minsel, Christiany Eugenia Paruntu, saat memberikan sambutan.
Bupati Minsel, Christiany Eugenia Paruntu, saat memberikan sambutan.

Paripurna yang digelar diruang sidang DPRD Minahasa Selatan (Minsel) tersebut dipimpin ketua DPRD Jenny J Tumbuan, didampinggi wakil ketua I Rommy Pondaag dan wakil ketua II Franky Jirro Lelengboto. Paripurna juga dihadiri Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan wakil bupati (Wabup) Franky Donny Wongkar, Forkompimda serta unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Ketua DPRD Jenny J Tumbuan pada kesempatan itu memberikan apresiasi dan penghargaan kepada bupati yang sudah menyampaikan LKPJ akhir tahun anggaran 2015. Disampaikan dalam rekomendasi tersebut, pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan sudah diterapkan SAP berbasis akrual, yang menghasilkan laporan keuangan yang dapat memberikan informasi realisasi pendapatan sesuai potensi yang dimiliki, sehinggga akan berimplikasi pada ketersediaan dana yang cukup untuk melaksanakan program dan kegiatan yang telah direncanakan.

Sekretaris Dewan (Sekwan), Lucky Tampi,SH, saat menyampaikan beberapa rekomendasi atas hasil Pansus LKPJ
Sekretaris Dewan (Sekwan), Lucky Tampi,SH, saat menyampaikan beberapa rekomendasi atas hasil Pansus LKPJ

Dalam hasil pansus LKPJ yang dibacakan Sekwan Lucky Tampi,SH, disampaikan beberapa rekomendasi penting yang perlu mendapatkan perhatian, Pertama dibidang pendidikan, terkait dengan pengangkatan kepala sekolah dan pengawas direkomendasikan agar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) harus berpedoman pada Perda Nomor 2 tahun 2012. Kemudian dalam hal penyaluran dana PIP perlunya ada pengawasan agar tidak ada lagi pemotongan.

Kedua, bidang kesehatan sehubungan dengan kepersertaan jaminan kesehatan masyarakat yang cukup pesat maka dianggap perlu direkrut tenaga medis atau dokter ahli. Kemudian pelayanan di tiap-tiap Puskesmas perlu ditingkatkan. Begitu juga pengadaan obat di Puskesmas yang masih kurang dan perlu diperhatikan.

Ketiga, dibidang Pekerjaan Umum (PU), perumahan dan penataan ruang, yang perlu diperhatikan adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) dijajaran PU, serta pengawasan yang masih perlu ditingkatkan.

Selain tiga urusan tesebut, DPRD juga memberikan catatan dan masukan pada bidang-bidang lainnya seperti Bappeda, Dinas Perhubungan, Lingkingan Hidup, Disdukcapil, KBKS dan P3A, Dinsosnakertrans, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Penanaman Modal, Kebudayaan, Kesbangpol dan Pemuda Olahraga. Untuk urusan pilihan seperti Distanak, Dinas Kehutanan, Distamben, DKP, Perdagangan dan Perindustrian juga mendapat catatan yang perlu ditingkatkan.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Dalam Rangka Penyampaian Rekomendasi Atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2015 Kepada Bupati Minsel.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu pada kesempatan itu menyambut baik rekomendasi yang disampaikan karena masukan tersebut sangat berharga dan nanti akan ditindaklanjuti, “Karena disadari, adanya rekomendasi-rekomendasi yang sudah disampaikan dapat menjadi nilai tambah bagi perubahan mewujudkan Minsel Berdikari menuju Kabupaten Hebat dan Terdepan,” ujar Bupati Paruntu

Sebelum rapat paripurna istimewa tersebut, dilaksanakan juga rapat paripurna DPRD guna persetujuan hasil pansus LKPJ menyangkut beberapa rekomendasi. (Andre Dotz)

Advertorial

(Visited 301 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *