Dirangkaikan Penyerahan LKPJ Kepala Daerah, 5 Fraksi DPRD Minsel Setujui Perda Tentang Desa dan Perda Retribusi Perpanjangan IMTA

Sulutpos.com, Amurang – 5 Fraksi beserta para anggota DPRD Minahasa Selatan melalui Rapat Paripurna yang dilaksanakan Selasa 5 April, akhirnya menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Desa dan Ranperda Retribusi Perpanjangan Ijin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA), untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Rapat Paripurna DPRD Minsel

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Tentang Desa, Billy Regar, dalam pemaparan kesimpulan hasil pembahasan, turut menyampaikan beberapa poin penting yang tercantum dalam Ranperda tersebut, diantaranya menyangkut persyaratan pencalonan Hukum Tua (Kumtua) yang tidak dibatasi usia maksimal, dan menyangkut penjabat Kumtua harus merupakan PNS struktural.

“Selain itu juga para Hukum Tua tidak diperkenankan menjadi penyedia barang dan jasa yang anggaran proyeknya berasal dari APBN maupun APBD,” Tambah Regar.

Rapat Paripurna DPRD Minsel (2)

Selanjutnya giliran Ketua Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Retribusi Perpanjangan IMTA, Steven Lumowa, dalam kesempatannya turut pula menyatakan keuntungan dan regulasi menyangkut Ranperda tersebut.

Wakil Bupati Minahasa SelatanHasil kedua Pansus tersebut, langsung disetujui 5 Fraksi dan sejumlah Anggota DPRD yang hadir dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Minahasa Selatan (Minsel), Jenny Johana Tumbuan.

Sementara itu Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu,SE, yang diwakili Wakil Bupati Franky Wongkar,SH, dalam sambutan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada segenap pimpinan DPRD dan Pansus yang selama ini telah meluangkan waktu dalam pembahasan Ranperda ini.

“Nantinya dua Ranperda tersebut diharapkan dapat di implementasikan secara cermat dan teliti, sesuai mekanisme dan aturan yang ditetapkan,” Kata Wongkar.

Dalam rangkaian rapat paripurna tersebut, turut dilaksanakan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung-Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2015 kepada DPRD.

Rapat Paripurna DPRD Minahasa Selatan

Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Wakil Ketua DPRD Ir.Frangky Lelengboto dan Rommy Pondaag,SH,MH, serta para anggota DPRD, unsur Forkopimda Minsel, Sekda Minsel Drs. Danny Rindengan, Sekretaris DPRD Lucky Tampi,SH, serta jajaran pejabat Pemkab Minsel. (Andre Dotz)

ADVERTORIAL

(Visited 661 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *