Minahasa Bakal Kirim 25 Mahasiswa UNSRAT Belajar Di Jepang

Sulutpos.com, Tokyo – Kunjungan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi serta beberapa jajarannya ke Tokyo kali ini mendapat respon sangat positif dari pihak IDEA Consultants Inc Jepang.

Pasca digelarnya Workshop tentang penanganan dan rehabilitasi Danau Tondano pada Jumat (15/4) kemarin di Tokyo, Bupati JWS bersama Chairman & CEO IDEA Consultants Inc Jepang Dr Hideo Tabata dan Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado Prof Dr Ellen Kumaat menyepakati suatu kerja sama di bidang pendidikan dengan memprogramkan pelaksanaan pelatihan ketrampilan atau Training bagi 25 Mahasiswa UNSRAT asal Kabupaten Minahasa selama sebulan di Jepang setiap tahun.

Dikatakan Bupati bahwa dalam kunjungan delegasinya tahun lalu hanya fokus pada penanganan eceng gondok di Danau Tondano. Pada pertemuan selesai Workshop kemarin telah disepakati juga kerja sama di bidang pendidikan dengan mengutus 25 Mahasiswa asal Minahasa untuk untuk dilatih di Jepang yang dimulai pada bulan Oktober 2016 ini.

“Ini follow up kerja sama antara Pemkab Minahasa dengan UNSRAT dan IDEA Consultants waktu lalu” ungkap Bupati terbaik pilihan rakyat Minahasa ini.

Diuraikannya, bahwa peserta program ini adalah mahasiswa asal Minahasa, dimana orang tua dan mahasiswa ini tinggal di Minahasa dan memiliki KTP Minahasa.

“Mereka akan mengikuti Training selama 3 minggu hingga 1 bulan di Jepang. Materinya akan di desain bersama para Pakar di UNSRAT dan IDEA Consultans” kata Bupati.

Menyangkut pendanaan, pihak Pemkab Minahasa akan membiayai transport dari Manado ke Tokyo, Sementara  biaya akomodasi dan pelatihan selama di Jepang akan ditanggung oleh pihak IDEA Consultants Inc, tambahnya.

Minggu depan Pemkab Minahasa dan UNSRAT akan mendiskusikan pra persiapannya, menyangkut pelaksanaan seleksi peserta, kursus singkat Bahasa Jepang, hingga tentang waktu keberangkatan dan kepulangan peserta, kata Bupati.

Diharapkan Bupati agar program ini akan membuka wawasan Mahasiswa UNSRAT asal Minahasa dan akan mengembalikan kejayaan Tou Minahasa dalam menjawab tantangan masa depan.

“Mari para putra putra Minahasa untuk persiapkan diri dan berkompetisi dalam menjawab tantangan global. Setiap tahun kami targetkan minimal 25 orang untuk di utus. Bersiaplah diri anda dari sekarang”
Ujarnya.


Sementara untuk agenda Bupati JWS dan rombongan di Jepang selanjutnya, menurut Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSi didampingi Sespri Bupati Dedit Telaumbanua SPt, akan menghadiri Ibadah Minggu di Gereja GMIJ Imanuel Suzuka Jepang.

“Sebelumnya Bapak Bupati dan rombongan melakukan peninjauan di pegunungan Fujiyama, dan akan kembali ke tanah air pada Selasa (19/4) dari Kansai Osaka Airport dengan menumpang maskapai penerbangan Singapore Airlines dan tiba di Tondano pada Rabu 20/4 nanti”urai Tumundo. (noldy)

(Visited 192 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *