Presiden Angkat Tema Ekonomi dan Perdamaian dalam Kunjungannya ke Uni Eropa

Sulutpos.com, Jakarta – Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja selama lima hari ke empat negara di Eropa, yaitu Jerman, Inggris, Belgia, dan Belanda. Dalam kunjungannya kali ini, Presiden akan mengangkat dua tema kerja, yaitu memperkuat kerja sama dengan Uni Eropa, terutama di bidang ekonomi, serta bersama-sama memperkuat toleransi dan membangun perdamaian dunia.

Sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Presiden memulai perjalanan pertamanya menuju Berlin. Kunjungan ini dilakukan presiden untuk memenuhi undangan para pemimpin negara-negara Uni Eropa.

Dari sisi ekonomi, Presiden akan memprioritaskan kerja sama di sektor perdagangan, investasi, maritim serta pengelolaan air. Uni Eropa sendiri merupakan salah satu mitra utama perdagangan dan investasi Indonesia. Hal ini terbukti dari besarnya nilai perdagangan dan investasi antarnegara.

Sebagai informasi, berdasarkan data tahun 2015, nilai perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa mencapai 26,14 miliar dolar AS. Nilai tersebut menempatkan Uni Eropa sebagai mitra dagang terbesar keempat Indonesia. Sementara itu, nilai investasi dari Uni Eropa di Indonesia pada tahun 2015 tercatat sebesar 2,26 miliar dolar AS, dan sekaligus menjadikan Uni Eropa sebagai investor terbesar ketiga Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, presiden juga akan mengagendakan penyebaran nilai-nilai toleransi dan perdamaian di tengah maraknya ekstremisme dan terorisme. Seluruh pemimpin dunia diharapkan dapat bekerja sama dalam semangat kemitraan dan kebersamaan untuk mendapatkan solusi atas tantangan-tantangan baru, serta mewujudkan asas perikemanusiaan dan perikeadilan. Presiden berharap, kunjungan kerja kenegaraan ini akan dapat memberikan manfaat yang nyata dan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia dan juga rakyat Uni Eropa. (ab)

Sumber : Kemenkeu

(Visited 248 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *