Buku Sejarah Kota Tomohon

Sulutpos.com, Tomohon – Kota Tomohon di tahun 2016 ini telah berusia 13 tahun, sebelum tahun 2003 merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa. Dalam perkembangannya, Tomohon mengalami banyak sekali kemajuan, sehingga ada aspirasi dari warganya untuk meningkatkan status Tomohon menjadi sebuah Kota. Tomohon menjadi daerah otonom (Kota) dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara oleh DPR RI, namun peresmiannya baru pada tanggal 4 Agustus 2003.

Dengan terbentuknya lembaga legislatif Kota Tomohon hasil Pemilihan Umum Tahun 2004, menghasilkan Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 22 Tahun 2005 tentang Lambang Daerah dan Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 29 Tahun 2005 tentang Hari Jadi Kota Tomohon. Kota Tomohon diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno atas nama Presiden Republik Indonesia pada tanggal 4 Agustus 2003.

Namun sampai saat ini belum ada buku yang dibuat untuk dapat diketaui atau dibaca oleh kalangan masyarakat umum baik di Kota Tomohon sendiri ataupun di luar Tomohon.

Untuk itu, beberapa aktivis dan para tokoh pencetus/ pendiri Kota Tomohon yang peduli akan sejarah terbentuknya Kota Tomohon bernisiatif untuk membuat sebuah buku Sejarah Kota Tomohon.

Ketua Brigade Manguni Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP, bersama Arthur Wuwung, selaku Ketua KNPI Kota Tomohon mengaku sangat mendukung dan mensuport terbitnya buku ini, “Karena dengan terbitnya buku ini seluruh masyarakat Kota Tomohon khususnya dan para generasi muda saat ini dan mendatang dapat mengetahui sejarah tentang Kota Tomohon,”ungkap Waworuntu.

Salah satu tokoh pendiri Kota Tomohon dan merupakan salah satu penggagas pembuatan buku sejarah Kota Tomohon Ibrahim Ratulangi Tular,  yang biasa kita panggil  Bam Tular, mengatakan bahwa sudah seharusnya buku ini kita terbitkan, agar para generasi muda dapat mengetahui sejarah Kota Tomohon yang sudah berusia 13 tahun.

Bam Tular menambahkan, seluruh masyarakat harus mensuport akan rencana pembuatan buku sejarah ini karena sudah saatnya generasi berikut dapat mengetahui akan lahirnya Kota Tomohon ini, karena sudah akan masuk di tahun ke-14 dibawah kepemimpinan bapak Walikota Tomohon Jimmy F. Eman,SE.Ak dan Wakil Walikota Tomohon Syerly A. Sompotan.

“Kita bersama telah dapat melihat bukti wajah Kota Tomohon dari tahun ke tahun telah mengalami perubahan mulai, dari para mantan pemimpin Kota Tomohon dari Bpk Alm. Boy S. Tangkawarouw, Bpk. Jefferson S.M Rumajar sampai pada Bpk. Jimmy F. Eman, SE.Ak saat ini,” katanya.

Tular berharap, dengan diterbitkannya buku ini nanti, semangat akan membangun dan memperindah serta memajukan Kota Tomhon dapat tertanam oleh seluruh masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya, khususnya para generasi muda dengan bekerja sama bahu membahu dengan pemerintah Kota Tomohon.[Glenn Kapele]

Press Release Humas Kota Tomohon/Yunno Mandagi

(Visited 866 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *