Pasar Kawangkoan Rencanakan Pembenahan Di Kalangan Pedagang

Sulutpos.com, Tondano – Pasar Kawangkoan, merupakan salah satu pasar terbesar yang ada di Minahasa di bawah pengolahan Dinas Pasar dan kebersihan Kabupaten Minahasa yang  menjadi  tempat berkumpulnya warga di berbagai Desa juga antar Derah.

Dengan meningkatnya jumlah pedagang serta warga masayarakat yang berkunjung ternyata pasar tradisional ini untuk area jualanya sudah tidak cukup dalam menampung akan para pedagang dan pembeli terlebih saat musim hari raya tiba.

Sempitnya area inipun yang menjadi salah satu penyebabnya adalah tidak teraturnya para pedagang dalam menjajakan dagangan mereka.

Kepala Pasar Kawangkoan Frengki Runtuwarow ketika di temui Wartawan Sulutpos.com, di tempat kerjanya pada Sabtu (28/05) tadi mengatakan ke depan jika nanti Pasar Tradisional ini akan di bangun bagunan yang baru maka perlu ada penataan jualan, Juga pendataan kembali sejumlah Pedagang yang dari semula telah mengantongi akan surat Hak Penempatan (SHP).

“ Kan sudah ada  rencana  pembenahan atau pembangunan pasar yang baru ke depan, nanti ketika susah ada maka kami pasti akan membenahi para penjual yang berdagang di sini, yang pasti mereka yang memiliki surat Hak Penempatan itu yang diperioritaskan, serta akan di tata jenis jualan itu, tidak seperti saat ini yang di mana para penjual menjajakan dengan sesuka hati jualan mereka di berbagai tempat, seperti halnya batang bawang ini ada yang be jualan di depan pasar, lorong, dan juga di  tempat lainya yang otomatis terlihat tidak adanya kerapian di pasar itu” ujarnya.

Runtuwarow juga mengatakan yang menjadi permasalahan di pasar tersebut adalah adanya lapak yang sudah tidak di manfaatkan namun mengantongi akan Surat Hak Penempatan” memang yang menjadi permasalahan adalah Lapak yang masih Mengantongi Surat Hak Penempatan, namun sudah tidak berjualan yang otomatis tidak ada pemasukan di pihak Dinas,” Cetusnya.

Dan mengenai Persampahan, Kepala pasar mengatakan pihaknya sangat berterima Kasih atas dukungan Pemkab Minahasa yang telah memberikan satu Unit kendaraan Sampah, sehingga sudah tidak ada penumpukan Sampah lagi di area Pasar itu. (Noldy)

(Visited 350 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *