Pelaksanaan Pelantikan 49 Penjabat, Sisakan Kekecewaan Bagi Para Mantan Kumtua

Sulutpos.com, Amurang – Pelaksanaan pelantikan 49 Penjabat Hukum Tua (Kumtua) di Minahasa Selatan (Minsel) pada Rabu 11 Mei pekan lalu, ternyata menyisakan suatu kekecewaan bagi sejumlah mantan Kumtua yang diganti, yakni menyangkut akhir pengabdian mereka yang seakan tidak dihargai pihak Pemkab Minsel.

Menurut Plt Ketua Asosiasi Pemerintah Desa (APDESI) Minsel Jerry Bokau, bahwa memang memiriskan jika mendengar dan menyimak cerita para mantan Kumtua yang baru diganti, didalamnya menyangkut pengabdian para mantan Kumtua ini yang seakan tidak dihargai.

“Dalam pelantikan 49 Penjabat Kumtua pekan lalu, semestinya ada ucapan terima kasih bahkan penghormatan dari Pemkab Minsel atas pengabdian para mantan Kumtua, yang diketahui selama ini telah mengabdikan diri memimpin roda pemerintahan disetiap desa, bahkan mempelopori dukungan dalam mensukseskan program pemerintah kabupaten,” cetus Bokau

Bokau mengatakan, meski tidak ada aturan yang mengisinkan pemberian materi atau cinderamata bagi mantan kumtua, tapi setidaknya ada apresiasi dari Pemkab meski itu hanya sebatas ucapan terima kasih. Dengan kata sindirannya, mengatakan mungkin jabatan Kumtua hanya dinilai sepeleh, sehingga tidak perlu diformalkan.

“Padahal seperti penggantian perangkat desa, mungkin sekian Kumtua yang melakukannya juga memberikan ucapan terima kasih bagi mantan perangkat desa yang diganti,” tambah Bokau.

Dibagian lain Anggota DPRD Minsel Welly Liwe yang juga mantan Kumtua turut menyatakan prihatin dengan hal tersebut. Sebagaimana pula dirinya waktu berhenti sebagai Kumtua waktu lalu, penghargaan yang didapat hanya berupa SK Pemberhentian. Namun hal tersebut hanya mampu ditutupinya dengan rasa bangga pernah menjadi seorang kumtua.

Sebagaimana diketahui, pada pelantikan 49 penjabat Kumtua pekan lalu, para mantan Kumtua yang diganti tidak dilibatkan dalam pelantikan tersebut, bahkan dalam pembacaan nama-nama yang dilantik tidak ada sepatah kata pun yang terucap kepada para mantan kumtua yang diganti. Sontak hal tersebut menjadi perbincangan dikalangan para mantan kumtua, yang turut menyatakan rasa kecewa.

Pihak BPMPD Minsel yang berkompeten dengan pelaksanaan pelantikan Penjabat Kumtua tersebut, hingga berita ini disusun belum diperoleh konfirmasi. (Andre Dotz)

(Visited 472 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?