Peminat BP2IP Minsel Membludak, Meski Jatah Penerimaan Perdana Hanya 60 Siswa

Sulutpos.com, Amurang – Meski pendaftaran siswa baru belum dibuka, namun minat para lulusan SMP untuk mengenyam pendidikan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Minahasa Selatan cukup tinggi. Betapa tidak, hingga kini sudah tercatat ada sekitar 200 siswa lulusan SMP dari berbagai daerah telah mengambil informasi terkait persyaratan pendaftaran di Balai Pendidikan yang terletak di Desa Tawaang Timur, Kecamatan Tenga.

Gedung Kantor Sekolah BP2IP.[Foto: Andre V. Dotulong]
Gedung Kantor Sekolah BP2IP.[Foto: Andre V. Dotulong]

Koordinator Pelayanan Peserta Diklat BP2IP Minsel, Nowo Sathi Wibowo, saat diwawancara mengatakan, bahwa pendaftaran memang belum dibuka, namun animo siswa untuk mendaftar sangat banyak, bukan hanya dari Minsel saja, melainkan ada juga dari daerah lain seperti Bitung, Manado, Nusa Utara, Bolmong, bahkan ada beberapa dari Provinsi Gorontalo.

Wibowo mengungkapkan, bahwa mereka yang datang baru sekedar mencari informasi menyangkut persyaratan pendaftaran, yang hingga kini pembukaan pendaftaran belum ada petunjuk resmi. Meski demikian, untuk pendaftaran perdana ini, nantinya baru akan menerima taruna, dengan jumlah 60 siswa lulusan SMP.

Wibowo menambahkan, bahwa nantinya dalam seleksi penerimaan, calon siswa baru akan diperhadapkan dengan lima tahapan seleksi, yakni Test Potensial Akademik (TPA), kesehatan, Psikotest, Samapta, dan terakhir wawancara.

Dibagian lain, Saiful Anam, salah satu orang tua asal Kota Bitung yang ingin anaknya masuk di BP2IP Minsel ketika diwawancara mengatakan, bahwa meski di Bitung telah memiliki sekolah pelayaran, namun dirinya lebih memilih menyekolahkan anaknya di BP2IP Minsel. Selain memiliki bangunan dan fasilitas yang menunjang, faktor pergaulan dan lingkungan yang baik di Kabupaten Minahasa Selatan menjadi salah satu alasan penting lainnya. (Andre Dotz)

(Visited 4.586 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *