Penandatanganan MoU Anti Narkoba, Gubernur Olly : Data BNN, 70 persen Pengguna adalah Pelajar

Sulutpos.com, Tomohon – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (sulut), melalui Gubernur Olly Dondokambey SE, bersama Kepala BNN RI Komjen Pol Drs Budi Waseso SH MH, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Anti Narkoba bertempat di Pusat Kota Tomohon dan turut disaksikan langsung Kepala BNN Sulut Kombes Pol Drs Sumirat Dwiyanto, Walikota Jimmy F Eman SE Ak & Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan bersama Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.[2/5/2016].

Kepala BNN RI Komjen Pol Drs Budi Waseso SH MH (kanan) dan Gubernur Sulawesi Utara (sulut), usai penandatanganan MoU Anti Narkoba.[2/5/2016]
Kepala BNN RI Komjen Pol Drs Budi Waseso SH MH (kanan) dan Gubernur Sulawesi Utara (sulut), usai penandatanganan MoU Anti Narkoba.[2/5/2016]

Kota Tomohon yang menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Pendidikan Nasional  Tingkat Sulawesi Utara juga mendapat Kunjungan perdana dari Gubernur Sulawesi Utara yang melaksanakan penandatangan MoU anti narkoba. Dalam kesempatan tersebut Walikota Eman mengucapkan selamat datang di Kota Tomohon kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandou dan rombongan.

Eman mengatakan bahwa Kota Tomohon telah sukses menggelar berbagai hajatan besar di tahun ini yakni Peresmian Kawasan Tertib Lalulintas, Jaksa Masuk Sekolah & Hardiknas Tingkat Provinsi Sulut dengan menghadirkan Kepala BNN Pusat Komjen Budi Waseso (Buwas).

Walikota juga menyampaikan berbagai prestasi yang telah dicapai oleh sekolah yang telah menerima piagam penghargaan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia, sebagai sekolah terbaik dengan segudang prestasi yang telah ditorehkan oleh para siswa dan guru.

pemasangan stiker-stiker anti narkotika pada kendaraan-kendaraan yang ada, termasuk kendaraan Angkutan Umum.
pemasangan stiker-stiker anti narkotika pada kendaraan-kendaraan yang ada, termasuk kendaraan Angkutan Umum.

Disamping itu, Walikota menginformasikan pelaksanaan TIFF 2016 yang akan dilaksanakan pada Bulan Agustus nanti. Sekaligus mengundang kehadiran Komjen Budi Waseso, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut untuk menyaksikan iven Internasional ini.

“TIFF 2016 yang merupakan agenda tahunan kepariwisataan Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon,” tutur Walikota Eman.

Gubernur Sulut mengatakan salut dan bangga atas pelaksanaan deklarasi dan pelantikan siswa pegiat anti narkoba serta pencanangan gerakan anti Narkoba Se-Sulawesi Utara. Dikatakannya, perkembangan jaman dan seiring dengan kemajuan teknologi telah membawa tindak kejahatan narkoba pada tataran kejahatan yang terorganisir dan semakin maju dalam berbagai modus operandi, akibatnya tindak kejahatan serta penyalahgunaan narkoba semakin massif.

Salah satu atraksi Drum Band dan Marching Band
Salah satu atraksi Drum Band dan Marching Band

“Di Sulawesi Utara (Sulut), saat ini sesuai data dari BNN telah terjadi peningkatan jumlah penyalahgunaan, dari 38307 tahun 2014, menjadi 42876 di Tahun 2015, hal ini sangat mengkawatirkan dan masuk sepuluh besar pengguna narkoba di Indonesia. Disamping itu sebanyak 734 orang telah menjadi pasien rehabilitasi narkoba. Ironisnya 70 persen diantaranya adalah pelajar yang terdiri dari 40 persen siswa SMP dan 30 persen siswa SMA, sementara di kalangan mahasiswa jumlahnya berkisar 5 persen, pekerja 15 persen dan pengangguran 10 persen,” urai Gubernur Olly.

Menyikapi hal ini, Gubernur mengatakan agar semua harus lebih ofensif, lebih ambisius, lebih aktif dan terus berinisiatif melakukan langkah-langkah koordinasi serta strategis implementatif dalam mencegah dan memberantas peredaran serta penyalahgunaan narkoba.

“Melalui momentum ini, saya mengajak segenap komponen masyarakat Sulawesi Utara, untuk bersama-sama dengan pemerintah dan BNN mentransformasikan segala bentuk potensi dan sumber daya yang dimiliki dalam upaya menangani, mencegah dan merehabilitasi serta memberantas tindak kejahatan narkoba guna kesinambungan masa depan daerah dan bangsa Indonesia,” ajak Gubernur Olly.

Selanjutnya, Gubernur menyerahkan bantuan alat tes urine secara simbolis kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulut, serta pemasangan stiker-stiker anti narkotika pada kendaraan-kendaraan yang ada, termasuk kendaraan Angkutan Umum.

“Hal ini untuk mengingatkan dan menyadarkan masyarakat akan bahaya-nya peredaran narkotika dan penyalahgunaannya yang sangat merusak masa depan,” tutup Gubernur Olly.

Kemudian acara dilanjutkan dengan defile dalam rangka Hari Pendidikan Nasional yang menampilkan Drum Band dan Marching Band yang ada di Sulawesi Utara seperti Maerching Band IPDN, Perutusan dari Kota Bitung dan kabupaten Kota lain di Sulut serta seluruh sekolah yang ada di Kota Tomohon mulai dari tingkat SD sampai SMA dan Perguruan Tinggi.[Glenn Kapele]

(Visited 1.345 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *