Penjabat Kumtua Resmi Kantongi SK Bupati, Pencairan Dandes dan ADD 49 Desa Berproses

Sulutpos.com, Amurang – Sempat terkendala SK Bupati bagi para Penjabat Hukum Tua (Kumtua) yang dilantik Rabu (11/5 lalu), kini pencairan Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) 49 Desa di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mulai diproses.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Minsel Drs Benny Lumingkewas, bahwa para Penjabat Kumtua yang baru dilantik pekan lalu, kini telah mengantongi SK Pelantikan oleh Bupati, baik itu SK kolektif maupun perseorangan. Untuk itu sejumlah desa tersebut sudah bisa mengurus pencairan Dandes maupun ADD.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, usai pelantikan Rabu 11 Mei pekan lalu, 49 Penjabat Kumtua yang baru dilantik tersebut belum bisa memproses pencairan Dandes dan ADD, karena belum langsung mengantongi SK Bupati.

Adapun pencairan Dandes dan ADD beberapa desa lain di Minsel telah diproses dan dicairkan lebih dahulu. Sementara 49 desa yang dipimpin Penjabat Kumtua, sebelumnya ditunda menyusul akan dilaksanakan penggantian Penjabat Kumtua dari unsur PNS Struktural sebagaimana aturan berlaku.

Pelantikan penjabat kumtua tersebut dilakukan, menyusul para Kumtua 49 desa bersangkutan telah habis masa jabatan, dan hanya diperpanjang sebagai Pelaksana Tugas.

“Kini sejumlah desa tersebut diperhadapkan dengan persiapan pemilihan kumtua definitif, yang direncanakan digelar serentak pada 31 Agustus mendatang,” kata Lumingkewas. (Andre Dotz)

(Visited 277 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *