Tunggakan Capai 4 Miliar, Sebagian Besar Lampu Jalan di Minsel Padam

Sulutpos.com, Amurang – Menyusul tunggakan listrik begitu banyak, menyebabkan sebagian besar Lampu Penerang Jalan Utama (LPJU) dibeberapa Wilayah di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) padam di malam hari. Seperti halnya sejumlah Lampu jalan di jalur trans Sulawesi antara Tumpaan-Amurang, dan dibeberapa ruas jalan lainnya.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Minsel, Denny Kaawoan
Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Minsel, Denny Kaawoan.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Minsel Denny Kaawoan ketika dikonfirmasi turut membenarkan banyaknya tagihan LPJU dari PLN ke Pemkab Minsel yang mencapai mencapai Miliyaran Rupiah.

Kaawoan menjelaskan, bahwa pada tahun 2016 ini serta tahun sebelumnya pembayaran tagihan LPJU hanya teranggarkan 1 Miliyar Rupiah. Sedagkan, tagihan dari PLN mencapai Rp4 miliar. Untuk itu kedepan pihaknya akan menganggarkan lebih besar lagi, agar semua lampu yang terpasang bisa menyala.

“Nantinya kita akan anggarkan lebih besar lagi untuk pembayaran LPJU agar semua lampu yang terpasang bisa menyala,” kata Kaawoan.

Kaawoan mengakui jika tagihan tersebut sulit untuk dikroscek karena Pemkab Minsel dalam melakukan pendataan harus berhubungan dengan pihak PLN dibeberapa cabang, seperti Manado, Kotamobagu, Minahasa Tenggara dan Amurang, menyusul lokasi LPJU ada di empat cabang PLN tersebut.

Adapun dengan kondisi padamnya fasilitas lampu jalan belakangan ini mulai dikeluhkan masyarakat maupun pengguna jalan. Kondisi ini dinilai menimbulkan rawan kecelakaan, apalagi di jalur trans Sulawesi yang banyak dilalui kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Begitu pula didaerah pedalaman, dengan minimnya penerangan jalan, di khawatirkan bisa dimanfaatkan pelaku kejahatan menjalankan aksinya. Untuk itu pemerintah dalam hal ini instansi terkait diharapkan segera mengatasi persoalan tersebut. (Andre Dotz)

(Visited 933 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *