Anggaran Pilhut Masih Berproses, Bervariasi 19-23 Juta Untuk Setiap Desa

Sulutpos.com, Amurang – Pemerintah desa di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) khususnya 49 desa yang akan menyelenggarakan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut), diharapkan mendukung para panitia penyelenggara dimasing-masing desa, termasuk menyangkut anggaran Pilhut.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Minsel Drs Benny Lumingkewas mengungkapkan, bahwa sesuai aturan yang ada maka pemerintah desa dianjurkan menganggarkan bantuan dana bagi penyelenggaraan Pilhut melalui APBDes.

“Namun anggaran tersebut baru akan diserahkan saat hari H pelaksanaan Pilhut,” ujarnya.

Lumingkewas melanjutkan, bahwa pihaknya juga mengharapkan pemerintah desa kiranya bisa meminjamkan dana bagi panitia Pilhut, mengingat dana Pilhut dari Pemkab masih berproses.

Adapun besaran dana Pilhut untuk 49 desa yang akan menyelenggarakan Pilhut di Minsel bervariasi, mulai dari 19 juta rupiah hingga 23 juta rupiah, yang penetapan jumlah dananya melalui SK Bupati dan kini sementara berproses di Dinas Keuangan dengan total hampir mencapai 1 miliyar rupiah.

Seperti diketahui, dalam jadwal tahapan pelaksanaan Pilhut serentak di Minsel, untuk pembukaan pendaftaran calon sedianya akan dimulai tanggal 5-13 Juli, sedangkan hari H pemilihan sedianya dilaksanakan 31 Agustus mendatang. (Andre Dotz)

(Visited 402 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *