Banjir dan Longsor Terus Mengintai, Minsel Waspada Fenomena La Nina

Sulutpos.com, Amurang – Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang wilayahnya rentan terjadi bencana banjir dan tanah longsor, terus waspada apalagi ada perkiraan pihak BMKG bahwa fenomena La Nina yakni curah hujan meningkat, mengancam sejumlah wilayah di Sulut hingga 3 bulan kedepan.

Foto : Kepala BPBD Minsel Handrie Komaling.
Foto : Kepala BPBD Minsel Handrie Komaling.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPMPD) Minsel Handrie Komaling, ketika dikonfirmasi membenarkan himbauan dari BMKG mengenai prakiraan cuaca tersebut. Setelah tahun lalu dilanda fenomena El Nino yang menyebabkan kekeringan berkepanjangan, kini melalui prakiraan BMKG, Sulut bakal dilanda fenomena La Nina basah yakni curah hujan yang tinggi disertai angin kencang hingga bulan September mendatang.

“Untuk itu menghadapi cuaca ekstrim tersebut, warga Minsel terlebih yang tinggal diwilayah rawan bencana kiranya meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana banjir, tanah longsor, gelombang pasang, maupun pohon tumbang, yang tidak bisa disangka dapat terjadi sewaktu-waktu,” kata Komaling.

Komaling juga menghimbau bagi warga yang melakukan perjalanan untuk berhati-hati, begitu pula para nelayan agar bisa memperhitungkan rencana melaut jika cuaca tidak mendukung.(Andre Dotz)

(Visited 222 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *