Penderita Capai 104 Orang, Pemkab Minsel Harus Cepat Seriusi Penanganan HIV/AIDS

Sulutpos.com, Amurang – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dimintakan untuk serius menangani kasus HIV/AIDS. Pasalnya dari data yang diperoleh dari dinas terkait, bahwa penderita HIV/AIDS di Kabupaten Minsel sudah mencapai 104 orang.

Henly Tuela selaku salah satu generasi muda Minsel mengatakan, bahwa angka tersebut bukanlah angka yang kecil, dan ini merupakan tanda awas buat warga Minsel. Bukannya untuk menjauhi para penderita HIV/AIDS, tapi ini harus lebih waspada. Baginya data tersebut belum berarti tepat, karena bisa saja masih ada yang belum terdata.

“Dengan kondisi yang memprihatinkan seperti ini, pemerintah dimintakan untuk segera menseriusi penanganan kasus tersebut,” ungkap Tuela.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Minsel Franky wongkar SE mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Wakil Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar,SH
Wakil Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar,SH

“Pendataan oleh instansi memang harus rutin dilakukan. Perlu adanya komunikasi dan koordinasi untuk menindaklanjuti masalah ini. Apalagi untuk penderita, mereka adalah warga Minsel yang memang menjadi tanggungjawab pemerintah Minsel,” tutur Wongkar.

Disisi lain, salah satu pengurus Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Minsel yang enggan namanya dipublikasikan mengakui bahwa pihaknya belum maksimal dalam penanganan kasus ini.

“Memang masalah ini sangat urgent, apalagi dengan teori gunung es, bisa dibayangkan berapa banyak penderita saat ini yang terdata. Pihaknya harusnya terus melakukan sosialisasi ataupun upaya-upaya pencegahan, namun kami terkendala pada anggaran. Seperti ditahun sebelumnya kami hanya menerima anggaran sebesar 35 juta yang jumlah terdebut masih kurang,” jelasnya. (Andre Dotz)

(Visited 1.196 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *