Komitmen Plurarisme GAMKI – ICRS Gelar Program INGAGE

Sulutpos.com, Tondano – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulut menunjukan komitmennya membangun kehidupan harmonis dalam pluralisme atau keberagaman termasuk keberagaman agama di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara. Hal ini dibuktikan dengan membangun kerjasama dengan Indonesian Consortium for Religious Studies (ICRS) dan beberapa institusi menggelar program pelatihan lintas iman bagi generasi muda yang berlajuk INGAGE (Interfaith New Generation Initiative and Engagement) dengan mengangkat tema “Memperkuat Kesetaraan Hak dan Membangun Jembatan Lintasiman”.

Ketua DPD GAMKI Sulut Meidy Tinangon, didampingi anggota Panitia Lefrando A. Gosal, S.Teol, mengatakan,  INGAGE adalah ruang bagi kaum muda melibatkan diri dalam keragaman iman dan tradisi keagamaan, serta bersikap kritis terhadap hubungan antarkomunitas.

“Dalam program ini kaum muda bisa membekali diri dengan pemahaman tentang perbedaan iman dan kesetaraan, mengeksplorasinya melalui teknologi digital secara kreatif dan inovatif untuk bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik,” Ujar Tinangon.

Program ini direncanakan akan berlangsung mulai Kamis, 22 September 2016 sampai dengan 28 September 2016 dan diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan pemuda dengan latar belakang agama yang berbeda.

Detil kegiatan INGAGE terdiri dari dua session yaitu pelatihan dan live in, “Pelatihan akan digelar di hotel Formosa Manado sementara itu live in dilaksanakan dalam bentuk peserta akan tinggal dan berinteraksi di rumah keluarga-keluarga (host family) yang berbeda agama dengan peserta selama 3 hari, Host family tersebar di Manado, Tomohon, Tondano dan Bitung,” terangnya.

ICRS sendiri merupakan konsorsium tiga universitas di Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Universitas Kristen Duta Wacana. ICRS telah mensponsori pendirian Program Studi S3 Inter-Religious Studies yang bersifat internasional dan interdisiplner, dan sudah mendapatkan status akreditasi A dari BAN-PT. Untuk menggelar program INGAGE dengan GAMKI Sulut, ICRS bekerjasama dengan The Lutheran World Federation (LWF). ( Ody).

(Visited 453 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *